Note

Beberkan Penyebab Minat Lelang SUN Tinggi, Kemenkeu: Ekonomi Domestik Positif

· Views 45
Beberkan Penyebab Minat Lelang SUN Tinggi, Kemenkeu: Ekonomi Domestik Positif
Kemenkeu membeberkan penyebab minat lelang Surat Utang Negara (SUN) tinggi pada lelang hari ini, Selasa (16/1/2024)

IDXChannel - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut minat lelang Surat Utang Negara (SUN) tinggi pada lelang hari ini, Selasa (16/1/2024). Hal ini disebabkan seiring dengan positifnya perekonomian domestik.

Tingginya minat investor terhadap lelang SUN tercermin pada naiknya incoming bids menjadi Rp67,56 triliun dari lelang sebelumnya Rp39,8 triliun.

Baca Juga:
Beberkan Penyebab Minat Lelang SUN Tinggi, Kemenkeu: Ekonomi Domestik Positif Pemerintah Umumkan Hasil Lelang SUN, Total Penawaran Melonjak 70 Persen Jadi Rp67,56 Triliun

"Peningkatan tersebut seiring dengan positifnya data ekonomi domestik, seperti data neraca perdagangan bulan Desember yang mencatatkan surplus sebesar 3,3 miliar dolar AS,” kata Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Deni Ridwan,Selasa (16/1/2024).

Selain itu, kata Deni, tingginya minat terhadap lelang SUN juga dipengaruhi oleh optimisme investor bahwa the Fed akan memangkas tingkat suku bunganya mulai Maret 2024 nanti seiring dengan dirlisnya data core inflation AS yang melemah.

Baca Juga:
Beberkan Penyebab Minat Lelang SUN Tinggi, Kemenkeu: Ekonomi Domestik Positif Pemerintah Raup Rp24 Triliun dari Lelang SUN Hari Ini

"Incoming bids investor asing pada lelang SUN hari ini juga meningkat signifikan menjadi Rp12,35 triliun dari Rp7,37 triliun pada lelang sebelumnya," kata dia.

Lebih lanjut Deni mengatakan, mayoritas incoming bids investor asing tersebut pada seri SUN tenor menengah panjang (5 dan 10 tahun) sebesar Rp9,83 triliun atau 79,63 persen dari total incoming bids investor asing dan dimenangkan sebesar Rp4,06 triliun atau 16,92 persen dari total awarded bids.

Permintaan investor secara keseluruhan masih dominan pada seri SUN tenor 5 dan 10 tahun, dengan jumlah incoming bids dan awarded bids masing-masing sebesar 59,65 persen dari total incoming bids dan 57,92 persen dari total awarded bids.

Incoming bids terbesar adalah pada tenor 5 tahun yaitu Rp23,59 triliun (34,92 persen dari total incoming bids) dan dimenangkan sebesar Rp8,85 triliun (36,88 persen dari total awarded bids).

Weighted Average Yield (WAY) pada lelang SUN hari ini secara umum dinilai cukup kompetitif apabila dibandingkan dengan level WAY lelang sebelumnya.

Pemerintah memutuskan untuk memenangkan penawaran sebesar Rp24 triliun pada lelang SUN hari ini dengan mempertimbangkan yield SBN yang wajar di pasar sekunder, rencana kebutuhan pembiayaan tahun 2024, dan kondisi kas negara terkini.

Sesuai dengan kalender penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) tahun 2024, lelang penerbitan SUN selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2024.

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.