Note

EUR/USD: Euro dan rasa aman yang salah

· Views 35

Beli jika pasar naik, jual jika pasar turun. Investor lebih menyukai tren. Dan ketika inflasi di AS mulai melambat dari puncaknya pada bulan Juni, mereka melihat adanya tren. Banyak yang percaya bahwa hal yang sama akan terjadi pada tahun 2024. CPI dan PCE akan segera turun ke target 2%, dan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada awal bulan Maret, sehingga menurunkannya menjadi 4% pada akhir tahun. Sayangnya, tren penurunan harga konsumen memberikan rasa aman yang salah kepada investor. Federal Reserve kemungkinan besar tidak akan terpengaruh oleh keinginan pasar. Dan EUR/USD akhirnya memahami hal ini.

Pasangan mata uang utama terjebak dalam kisaran trading yang sempit di level 1,08-1,100, dan bahkan statistik signifikan mengenai lapangan kerja dan inflasi Amerika tidak dapat memecahkannya. Pejabat ECB berupaya semaksimal mungkin untuk menghalangi investor dari alasan bertaruh pada penurunan biaya pinjaman sebesar 150 bps. Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde menyatakan bank sentral akan melonggarkan kebijakan moneter jika yakin inflasi akan kembali sesuai sasaran. Philip Lane mencatat bahwa ekspektasi pasar berbahaya. Sejarah menunjukkan bahwa menyatakan kemenangan atas inflasi secara prematur berisiko menyebabkan hal tersebut kembali terjadi.

Namun, jika keengganan ECB untuk melakukan poros dovish mendukung EUR/USD, maka lemahnya perekonomian Jerman akan memberikan tekanan pada euro. Pada kuartal keempat, angka tersebut menyusut sebesar 0,3%, dan jika data untuk kuartal ketiga tidak direvisi naik, negara tersebut akan menghadapi resesi teknis. Meskipun demikian, kontraksi PDB sebesar 0,3% pada tahun ini, secara keseluruhan, meyakinkan bahwa lokomotif perekonomian Eropa kini terjebak dan menyeret blok mata uang tersebut ke dalam jurang kehancuran.

Dinamika Perekonomian Jerman

EUR/USD: Euro dan rasa aman yang salah

Indeks saham AS, yang pertumbuhannya dianggap sebagai peningkatan selera risiko global, memberikan bantuan kepada EURUSD. Sebaliknya, aset-aset safe-haven seperti dolar AS akan mengalami kesulitan. Dalam hal ini, fakta bahwa S&P 500 berada dalam jangkauan harga tertinggi dalam sejarahnya akan menginspirasi para penggemar euro. Namun, sulit untuk mengharapkan lonjakan indeks saham yang sama seperti pada bulan Oktober-Desember dengan latar belakang perlambatan ekonomi AS. Pakar Wall Street Journal memperkirakan tingkat pertumbuhannya pada tahun 2024 akan turun dari 2,6% menjadi 1%.

Penguat S&P 500 dan EUR/USD juga tidak optimis terhadap penurunan pendapatan perusahaan yang terkonfirmasi secara historis selama siklus pelonggaran kebijakan moneter Federal Reserve. Hal ini tidak mengherankan, karena bank sentral biasanya memberikan stimulus moneter selama resesi, namun hal ini tidak terjadi saat ini.

Dinamika EPS dan Federal Funds Rate

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Euro dan rasa aman yang salah

Pasar saham mungkin takut akan keserakahannya sendiri dan ragu-ragu untuk mengambil langkah lain menuju puncak sejarah. Keragu-raguannya bisa berakibat buruk bagi pasangan mata uang utama.

Secara teknikal, konsolidasi di kisaran 1.088-1.1 pada grafik harian EUR/USD terus berlanjut. Agar pasangan dapat menentukan arah pergerakan selanjutnya, pasangan harus keluar dari kanal trading. Untuk saat ini, seseorang harus tetap berpegang pada strategi trading intraday.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.