Note

Tingkatkan Nilai Tambah Hilirisasi, Ini Progres Smelter Grup MIND ID SGAR Mempawah

· Views 35
Tingkatkan Nilai Tambah Hilirisasi, Ini Progres Smelter Grup MIND ID SGAR Mempawah
Tingkatkan Nilai Tambah Hilirisasi, Ini Progres Smelter Grup MIND ID SGAR Mempawah (Foto Dok MIND ID)

IDXChannel - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia mendukung komitmen pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan Sumber Daya Alam (SDA).

Selain itu, meningkatkan nilai tambah di dalam negeri terutama dalam rangka pembukaan lapangan pekerjaan dan peningkatan penerimaan devisa serta pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

Baca Juga:
Tingkatkan Nilai Tambah Hilirisasi, Ini Progres Smelter Grup MIND ID SGAR Mempawah MIND ID Targetkan Konsumsi Bauran Energi Baru Terbarukan Capai 40,2 Juta Giga Joule di 2030

Salah satu langkahnya, dengan mempercepat industri pengolahan dan pemurnian (smelter) bauksit hingga menjadi aluminium. Hal ini lantaran terdapat nilai tambah apabila bauksit dijual dalam bentuk alumina hingga menjadi aluminium.

Bauksit merupakan bahan mentah yang diolah menjadi Smelter Grade Alumina (SGA) dan selanjutnya menghasilkan aluminium ingot.

Baca Juga:
Tingkatkan Nilai Tambah Hilirisasi, Ini Progres Smelter Grup MIND ID SGAR Mempawah Divestasi 14 Persen Saham ke MIND ID, VCL Tetap Jadi Pengendali INCO

Aktivitas pengolahan bernilai tambah ini bermuara pada industri antara dan hilir seperti kabel, pipa, alat rumah tangga, konstruksi, furnitur, alat olah raga, otomotif dan bahkan memasok industri aviasi alias penerbangan.
 
Di samping itu, bauksit dapat diolah menjadi chemical grade alumina yang dimanfaatkan untuk pemurnian air, kosmetika, farmasi, keramik dan plastic filler. Sehingga, industri ini menggerakkan industri lain yang menyerap tenaga kerja, memberikan pendapatan bagi karyawan dan masyarakat sekitar, menggerakkan ekonomi daerah dan pendapatan devisa.

MIND ID menargetkan pembangunan proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat bisa rampung dan segera bisa uji coba produksi atau commissioning pada semester I-2024. Proyek SGAR dimiliki dua anggota Grup MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam (ANTM) dengan pelaksana proyek dilakukan oleh PT Borneo Alumina Indonesia (BAI). 

Baca Juga:
Tingkatkan Nilai Tambah Hilirisasi, Ini Progres Smelter Grup MIND ID SGAR Mempawah Dukung Digitalisasi UMKM, Grup MIND ID Dorong Mitra Binaan Go Marketplace
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.