Note

Rekomendasi trading dan analisis untuk EUR/USD pada 16 Januari 2024

· Views 47

Analisis EUR/USD pada grafik 5M:

Rekomendasi trading dan analisis untuk EUR/USD pada 16 Januari 2024

Pasangan mata uang EUR/USD melanjutkan pergerakan lesunya dengan kecenderungan menurun selama hari trading pertama pekan ini. Kami telah mengingatkan berkali-kali belakangan ini bahwa euro seharusnya terus menurun apa pun yang terjadi, tetapi tren datar yang jelas menggambarkan pekan sebelumnya. Pada pekan ini, akhirnya kita akan melihat pergerakan tren dan sangat diharapkan agar pergerakan tersebut menurun, sejalan dengan faktor-faktor fundamental dan latar belakang makroekonomi.

Pada hari Senin, hanya satu laporan yang dirilis di Uni Eropa, yang hampir tidak berdampak pada sentimen para trader. Produksi industri di UE menyusut sebesar 0,3% pada bulan November, yang sudah diperkirakan oleh peserta pasar. Oleh karena itu, meskipun mata uang Eropa cenderung melemah selama hari itu, produksi industri di UE tetap berada di atas garis kritis. Volatilitas harian secara keseluruhan bahkan tidak melebihi 40 pips sehingga sebenarnya tidak ada pergerakan yang signifikan.

Kuotasi euro turun tajam selama malam hari, turun di bawah garis Kijun-sen. Namun, pergerakan ini dapat dianggap lemah. Fakta bahwa harga sekarang berada di bawah garis kritis memungkinkan kita untuk mengharapkan penurunan euro yang telah dinantikan, tetapi mengingat ketidaknyamanan pasar untuk menjual euro, penurunan tersebut mungkin bersifat sementara.

Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa pasar memiliki harapan yang terlalu tinggi terkait pemotongan suku bunga oleh the Fed. Jika the Fed memutuskan untuk tidak menurunkan suku bunga, dolar akan menguat. Mengenai sinyal trading, dua sinyal terbentuk pada hari Senin, tetapi tidak ada alasan khusus untuk melakukan trading. Harga dua kali memantul dari garis Kijun-sen yang berada di sekitar level 1,0935, tetapi dalam kedua kasus tersebut, harga tidak berhasil naik bahkan 20 poin.

Tidak ada sinyal jual yang terbentuk selama hari itu sehingga para trader hanya dapat membuka satu trading beli (sinyal saling menduplikasi) sehingga menghasilkan sekitar sepuluh poin profit karena harus ditutup secara manual.

Laporan COT:

Laporan COT terbaru diterbitkan pada tanggal 9 Januari. Pada paruh pertama tahun 2023, posisi bersih trader komersial hampir tidak mengalami peningkatan, tetapi euro tetap relatif tinggi selama periode tersebut. Kemudian, terjadi penurunan pada euro dan penurunan posisi bersih, sesuai yang diharapkan. Namun, dalam beberapa pekan terakhir, euro dan posisi bersih mengalami kenaikan. Oleh karena itu, kami menyimpulkan dengan jelas: pasangan mata uang ini sedang mengalami koreksi ke atas, tetapi koreksi tidak dapat berlangsung selamanya karena mereka hanyalah koreksi.

Kami telah menunjukkan kepada para trader bahwa garis merah dan hijau telah mengalami divergensi yang signifikan, yang sering mendahului akhir tren. Saat ini, garis-garis tersebut sekali lagi saling menjauh. Oleh karena itu, kami masih menganjurkan untuk penurunan nilai mata uang Eropa dan penyelesaian pergerakan ke atas. Selama pekan pelaporan terakhir, jumlah posisi beli oleh grup "Non-commercial" meningkat sebanyak 700, sementara jumlah posisi jual mengalami penurunan sebanyak 1300. Akibatnya, posisi bersih meningkat sebesar 2.000. Jumlah kontrak beli lebih tinggi daripada kontrak jual, yaitu sebesar 120.000 di antara trader non-komersial. Kesenjangan ini signifikan dan bahkan tanpa laporan COT, jelas bahwa mata uang Eropa seharusnya terus mengalami penurunan.

Analisis EUR/USD pada grafik 1H:

Pasangan mata uang tetap berada di bawah garis Senkou Span B pada kerangka waktu per jam sehingga tren keseluruhan tetap menurun. Level 1,0889 tidak membiarkan euro turun lebih rendah, tetapi kami terus menganjurkan untuk penurunan panjang dan kuat pada mata uang Eropa. Saat ini, harga berada dalam kisaran datar, dan saat ini, tidak ada tanda-tanda penyelesaian.

Hari ini, kami menganggap bahwa wajar untuk melihat penjualan kecil dengan target 1,0889. Kemarin, pasangan mata uang ini gagal kembali ke garis Senkou Span B sehingga sekarang terdapat kemungkinan penurunan kembali ke tempat dimulainya koreksi ke atas terakhir. Namun, semua pergerakan saat ini datar sehingga pergerakan dapat bersifat acak.

Pada tanggal 16 Januari, kami menyoroti level-level berikut untuk trading: 1,0658-1,0669, 1,0757, 1,0818, 1,0889, 1,0935, 1,1006, 1,1092, 1,1137, 1,1185, 1,1234, 1,1274, serta garis Senkou Span B (1,1008) dan garis Kijun-sen (1,0956). Garis indikator Ichimoku dapat bergerak selama hari ini, jadi ini perlu dipertimbangkan saat menentukan sinyal trading. Ingatlah untuk menempatkan order Stop Loss pada titik breakeven jika harga bergerak ke arah yang benar sebanyak 15 pips. Hal ini akan melindungi dari potensi kerugian jika sinyal ternyata palsu.

Penjelasan untuk ilustrasi:

Level support dan resistance harga (resistance/support) - garis merah tebal di sekitar pergerakan yang mungkin akan berakhir. Garis-garis ini bukan merupakan sumber sinyal trading.

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B - garis-garis indikator Ichimoku yang ditransfer ke jangka waktu per jam dari jangka waktu 4 jam. Garis-garis ini merupakan garis yang kuat.

Level-level ekstrem - garis merah tipis dari mana harga sebelumnya memantul. Garis-garis ini merupakan sumber sinyal trading.

Garis kuning - garis tren, channel tren, dan pola teknikal lainnya.

Indikator 1 pada grafik COT - ukuran posisi bersih dari setiap kategori trader.

Indikator 2 pada grafik COT - ukuran posisi bersih untuk kelompok trader "Non-komersial".

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.