Note

Baru Listing, Adhi Kartiko (NICE) Resmi Diakuisisi LX International Corp

· Views 38
Baru Listing, Adhi Kartiko (NICE) Resmi Diakuisisi LX International Corp
Baru Listing, Adhi Kartiko (NICE) Resmi Diakuisisi LX International Corp (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE) secara resmi diakuisisi oleh LX International Corp usai resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hal itu menandai langkah strategis untuk meningkatkan nilai perseroan dalam ekosistem industri pengolahan nikel dan baterai kendaraan listrik.

Baca Juga:
Baru Listing, Adhi Kartiko (NICE) Resmi Diakuisisi LX International Corp Adhi Kartiko Pratama (NICE) Resmi Listing di BEI

Aksi korporasi ini merupakan tindak lanjut atas Conditional Shares Sale and Purchase Agreement yang ditandatangani oleh para pihak dan telah sesuai dengan keterbukaan informasi, sebagaimana tercantum pada prospektus penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) PT Adhi Kartiko Pratama Tbk.

Seiring transaksi ini, telah dilakukan pengalihan saham-saham pada NICE yang antara lain dimiliki PT Sungai Mas Minerals sebesar 1,85 miliar saham, PT Inti Mega Ventura sebesar 1,73 miliar saham, Michael Adhidaya Susantyo sebesar 25 juta saham.

Baca Juga:
Baru Listing, Adhi Kartiko (NICE) Resmi Diakuisisi LX International Corp NICE Tawarkan 1,21 Miliar Saham ke Publik

Victor Agung Susantyo sebesar 25 juta saham kepada PT Energy Battery Indonesia (EBI), yang  kepemilikan 99,99% sahamnya dikuasai oleh LX International Corp. Transaksi ini dilakukan dengan nilai Rp438 per saham.

Pasca akuisisi tersebut, EBI memiliki total 3,64 miliar saham pada NICE. Itu setara dengan 60% dari total seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor pada NICE.

Baca Juga:
Baru Listing, Adhi Kartiko (NICE) Resmi Diakuisisi LX International Corp 30.400 Investor Bawa Saham NICE Sentuh ARA, Market Cap Tembus Rp3,31 Triliun

"Dengan diselesaikannya transaksi ini, tentunya memberikan kontribusi besar dalam mewujudkan visi NICE sebagai pemain unggul dalam pertambangan dan pengolahan nikel di Indonesia dengan mengedepankan world-class mining standards,” kata Presiden Direktur NICE, Stevano Rizki Adranacus dalam keterangan resminya, Selasa (16/1/2024).

Keberadaan LX International Corp sebagai pemegang kendali baru di NICE sejalan dengan rencana jangka panjang Indonesia terkait hilirisasi industri nikel dan partisipasi dalam inisiatif global ESG. 

Pencatatan saham perseroan pada 9 Januari 2024, merupakan tonggak sejarah yang menandai komitmen perusahaan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengelolaan dan pengolahan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Dalam konteks ini, NICE berharap dapat memainkan peran aktif sebagai perusahaan publik dalam mencapai tujuan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. 

“Dengan dukungan LX International Corp, NICE berambisi untuk menjadi pelaku kunci dalam industri pertambangan dan pengolahan nikel di Indonesia, menjunjung tinggi standar pertambangan kelas dunia,” ujar Stevano.

Lebih lanjut, Stevano mengatakan bahwa akuisisi ini juga sejalan dengan strategi perseroan untuk mendukung pertumbuhan industri baterai kendaraan listrik, memperkuat posisi NICE dalam rantai pasok industri yang semakin penting ini. 

LX International Corp bersama NICE berkomitmen untuk berperan dalam mewujudkan visi masa depan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.