Note

Hindari Perdagangan Orang Dalam, OJK Perlu Awasi Pelaksanaan Program Opsi GOTO

· Views 30

Pasardana.id- Pelaku pasar meminta Otoritas Jasa Keuangan(OJK) untuk memastikan pelaksanaan program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk(IDX:GOTO) agar memastikan jauh dari praktik insider trading atau perdagangan orang dalam

Pengamat Pasar Modal, Yanuar Rizky menginggatkan praktik program Opsi kepemilikan saham Karyawan dan Manajemen serta konsultan telah enyebabkan saham Enron di Wall Street menjadi skandal transaksi benturan kepentingan oleh orang dalam (insider trading) di tahun 2001.

Ia melanjutkan praktik  MSOP (Management Stock Option) yang menjadi dasar yang jadi alasan pembelian direktur hingga komisaris dapat membeli saham GOTO dengan harga Rp2 per lembar merupakan cara usang.

“Perlu penegakan aturan MSOP, kalau tidak maka percuma adanya aturan Kita biarkan hal-hal terkait konflik kepentingan? Kita membuat otoritas hukum juga diam saja?” kata dia kepada Pasardana.id, Selasa(16/1/2024).

Lebih jauh bilang praktik tersebut juga menjadi pembuktian investasi Telkomsel pada GOTO pada harga Rp265 per lembar untuk mendongkrak valuasi emiten teknologi tersebut.

“Harga perolehan para pengendali GOTO pada saat sebelum IPO di harga Rp1 per lembar Sementara, para pengendalinya memperoleh Rp 1/lembar, jadi yang jual di pra IPO dapat keuntunhan 265 kali lipat,” jelas dia.

Yanuar menenggarai jika para manajemen hingga pengendali terus melakukan penjualan maka GOTO akan terus tertekan, tapi para penjualan dari kalangan manajemen masih memperoleh keuntungan berpuluh kali lipat.

“Satu hal ini ada pakai uang BUMN, jadi ada transaksi uang negara da nada  hak rakyat.” Kata dia.

Terakhir manajemen melaporkan Komisaris Utama GOTO, Agus DW Martowardojo menebus opsi 169.585.462 saham seri A dengan harga beli Rp2 per saham pada tanggal 10 Januari 2024.

Aksi beli itu bagian dari program, Opsi Saham Karyawan dan Konsultan saham yang dimiliki oleg GoTo Poepleverse Fund(GPF).   

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.