Note

LX International Resmi Jadi Pengendali NICE

· Views 37

Pasardana.id - Perusahaan elektronik tercatat di bursa Korea Selatana, LX International resmi menjadi pengendali perusahaan tambang nikel, PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (IDX: NICE).

Berdasarkan pantauan Pasardana.id, telah terjadi transaksi negosiasi pada saham NICE dengan nilai transaksi Rp1,589 triliun.

Rinciannya, NICE ditransaksikan sebanyak 365.000.000 lembar pada harga Rp438 per saham dalam satu kali transaksi.

Seperti diketahui dalam prospektus IPO, NICE menjelaskan akan ada pergantian Pemegang Saham Pengendali usai tercatat di papan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 9 Januari 2024.

Dijelaskan, PT Sungai Mas Mineral selaku pemegang 1.859.577.615 lembar saham perseroan akan menjualnya kepada PT LX International Indonesia atau pihak yang ditunjuk, yakni Energy Battery Indonesia.

Langkah serupa diikuti PT Inti Mega Ventura pemegang 1.859.577.615 lembar kepemilikan pada perseroan, yang juga akan menjual kepada pihak yang sama.

Demikian juga dengan Michael Adhidaya Susantyo dan Victor Agung Susantyo yang akan menjual masing-masing 25 juta helai saham perseroan kepada pihak yang sama.

Rencana itu telah tertuang dalam perjanjian jual beli bersyarat antara para pemegang saham perseroan tadi dengan LX International pada tanggal 2 November 2023.

Adapun harga yang disepakati senilai dengan harga penawaran dari Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

“Transaksi itu direncanakan segera setelah Perseroan tercatat di BEl atau paling lambat 5 hari kerja setelah saham Perseroan tercatat dan diperdagangkan,” tulis manajemen Adhi Kartiko Pratama.

Dampaknya, Energy Battery Indonesia akan memegang 60 persen porsi saham perseroan dari saat ini nihil.

Sebaliknya, kepemilikan saham SMM tersisa 10,43 persen usai IPO, yang sebelumnya 41 persen.

Begitupun porsi saham IMEV akan tersisa 9,57 persen usai IPO, dari sebelumnya 38,18 persen.

Adapun kepemilikan saham Michael Adhidaya Sunsantyo dan Victor Agung Susantyo menjadi nihil setelah IPO, dari sebelumnya mengempit masing masing 0,41 persen.

Sedangkan porsi saham masyarakat tetap sebesar 20 persen.

Hanya saja, selaku Pemegang Saham Pengendali baru perseroan tidak terkena kewajiban Pasal 7 ayat 1 huruf a dan huruf b POJK Nomor 9/2018 tentang Penawaran Tender Wajib.

Tapi berjanji melepaskan pengendaliannya terhadap Perseroan baik secara langsung maupun tidak langsung, paling kurang selama 12  bulan sejak tanggal pernyataan pendaftaran dinyatakan efektif oleh OJK.

Namun, selaku pengendali akan merombak kepengurusan perseroan hingga RUPS tahun 2028 dengan susunan sebagai berikut;

Direktur Utama : Sang Moo Lee

Direktur : Chang Pyo Hong

Direktur : Sebin Kim

Direktur : Choi Min

Direktur : Chang Whan Kim

Direktur : Seungyeon Lee

Direktur : Hendra Prawira

Direktur : Victor Agung Susantyo

Komisaris Utama : Hyek Seo Koo

Komisaris Independen : Pintarso Adijanto

Komisaris : Stevano Rizki Adranacu

Adapun susunan pengurus perseroan saat ini, yaitu;

Komisaris utama : Victor Agung Susantyo

Komisaris  Independen : Raden Sukhyar

Direktur Utama : Stevano Rizki Adranacus

Direktur : Michael Adhidaya Susantyo

Direktur : Hendra Prawira

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.