Note

Begini Dampak Blokade Laut Merah ke Saham Perkapalan

· Views 28
Begini Dampak Blokade Laut Merah ke Saham Perkapalan
Begini Dampak Blokade Laut Merah ke Saham Perkapalan (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pelaku pasar tengah mencermati blokade Laut Merah yang berdampak pada perusahaan kapal dalam melakukan distribusi barang.

CEO Edvisor.id Praska Putrantyo mengatakan, isu tersebut sentimen geopolitik setelah kita melihat hampir dari 3 bulan dari konflik Palestina-Israel sekarang merembet ke traffic perkapalan di Laut Merah.

Baca Juga:
Begini Dampak Blokade Laut Merah ke Saham Perkapalan Balas Dendam, Houthi Incar Kapal AS di Laut Merah

"Ini membuat para pelaku pasar memang secara market terbagi dua ya, pertama sentimen geopolitik menimbulkan kembali potensi ketidakpastian, yang kedua adalah secara komoditas dan yang terkait dengan pengiriman logistik ini menjadi sentimen positif menurut saya," kata Praska dalam Market Buzz Power Breakfast IDX, Selasa (16/1/2024).

Menurut Praska, karena indeks dari pelayaran World Container Index saat diamati saat memasuki 2024 ini mengalami lonjakan yang signifikan. Artinya, tarif pengiriman mengalami lonjakan terutama dari Shanghai ke Rotterdam, Los Angeles yang dimana kemungkinan melewati Laut Merah.

Baca Juga:
Begini Dampak Blokade Laut Merah ke Saham Perkapalan Konflik di Laut Merah Memanas, Saham Pelayaran Berkibar

"Membuat potensi income atau kinerja dari saham-saham perkapalan shipping ini berpotensi mengalami peningkatan apalagi yang ter eksposur pada kegiatan pelayaran di luar negeri termasuk pada Timur Tengah," ungkap Praska.

Secara sentimen psikologis, saham-saham lainnya juga terbantu, lanjut Praska, adapun saham SMDR yang sangat terbantu karena konflik ini.

Baca Juga:
Begini Dampak Blokade Laut Merah ke Saham Perkapalan Laut Merah Semakin Memanas, Produksi Volvo dan Tesla Terganggu

Diantara saham yang terkena dampak positif konflik ini, ada saham yang secara fundamental bagus menurut Praska yaitu SMDR, SOCI dan BULL.

Berikut saham pilihan rekomendasi yang bisa dikoleksi;

MPMX 1060 - 1215 BUY
INDF 6350 - 6950 BUY
ASII 5525 - 6000 BUY
SMDR 356 - 476 BUY

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.