Note

Emiten Rokok Bentoel Resmi Delisting dari Bursa!

· Views 19
Emiten Rokok Bentoel Resmi Delisting dari Bursa!
Emiten rokok Bentoel resmi delisting dari Bursa Efek Indonesia - Foto: Dok. Freepik
Jakarta

Perusahaan rokok PT Bentoel Internasional Investama Tbk resmi melepas status sebagai perusahaan terbuka menjadi tertutup. Namanya terhapus dari perusahaan tercatat atau delisting di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai Selasa (16/1).

Hal itu tertuang dalam Pengumuman BEI tentang Penghapusan Pencatatan Efek (Delisting) PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) yang ditandatangi P.H Kepala Divisi Penilaian Perusahaan BEI Rina Hadriyani serta Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI Pande Made Kusuma Ari.

"Bursa menyetujui penghapusan pencatatan efek perseroan di Bursa Efek Indonesia efektif pada hari Selasa, 16 Januari 2024," tulis pengumuman tersebut, Selasa (16/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam pengumuman itu disebut apabila Bentoel akan mencatatkan sahamnya kembali, maka proses pencatatan saham dapat dilakukan dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan catatan detikcom, proses delisting Bentoel sudah direncanakan sejak 2022. Dalam prosesnya, perusahaan mengalami sejumlah kendala lantaran terdapat investor independen yang belum berpartisipasi dalam proses delisting tersebut.

"Atensi kita untuk proses delisting tetap berjalan. Saat ini prosesnya sudah berjalan," kata Dinar dalam paparan RUPST di Hotel Mercure, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Hampir keseluruhan saham RMBA dimiliki oleh British American Tobacco (BAT), hanya tersisa sebanyak 0,04% jumlah kepemilikan saham tersebut di masyarakat. Para pemilik saham tersebut tidak diketahui kehadirannya oleh perusahaan.

"Untuk pemegang saham yang tidak diketahui kehadirannya atau keberadaannya, kita sudah mendatangi dan mereka tidak memberikan respons. Jadi kami meminta bantuan pihak ketiga. Jadi prosesnya masih terus berlanjut, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan prosesnya," jelasnya.

Di 2022, Bentoel mencetak laba bersih Rp 953 miliar. Angka ini naik 11,87% jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

(aid/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.