Note

Profil dan Kinerja Saham SAP, Perusahaan Jerman yang Diduga Terlibat Suap di Indonesia

· Views 28
Profil dan Kinerja Saham SAP, Perusahaan Jerman yang Diduga Terlibat Suap di Indonesia
Profil dan Kinerja Saham SAP, Perusahaan Jerman yang Diduga Terlibat Suap di Indonesia. (Foto: Reuters)

IDXChannel - SAP SE (SAP), sebuah perusahaan perangkat lunak global yang berbasis di Jerman, dilaporkan terlibat dalam skandal suap lintas negara.

Melansir situs resmi Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) Rabu (10/1/2024), perusahaan disebut berkewajiban membayar denda lebih dari USD220 juta untuk menyelesaikan kasus yang sedang diselidiki oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) terhadap pelanggaran Undang-Undang Praktik Korupsi Asing (Foreign Corrupt Practices Act/FCPA).

Baca Juga:
Profil dan Kinerja Saham SAP, Perusahaan Jerman yang Diduga Terlibat Suap di Indonesia Bos Harita Group (NCKL) Terjerat Kasus Suap, Ini Tanggapan Manajemen

Dalam rilis resmi Departemen Kehakiman AS, resolusi SAP dengan departemen tersebut berasal dari skema pemberian suap kepada pejabat pemerintah di Afrika Selatan dan Indonesia. Resolusi departemen ini dikoordinasikan dengan otoritas kejaksaan di Afrika Selatan, serta SEC.

Menurut dokumen pengadilan, SAP menandatangani perjanjian penuntutan yang ditangguhkan (DPA) selama tiga tahun dengan departemen sehubungan dengan informasi kriminal yang diajukan di Distrik Timur Virginia yang menuntut perusahaan tersebut dengan dua tuduhan: konspirasi untuk melanggar UUanti-penyuapan dan pembukuan.

Baca Juga:
Profil dan Kinerja Saham SAP, Perusahaan Jerman yang Diduga Terlibat Suap di Indonesia Catat Investor, Saham Petrindo Jaya (CUAN) Masuk Papan Pemantaun Khusus

Kasus ini terkait dengan skema pembayaran suap kepada pejabat di Afrika Selatan, dan konspirasi untuk melanggar ketentuan anti-penyuapan FCPA dalam skema pembayaran suap kepada pejabat Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah oknum di delapan lembaga pemerintahan di Indonesia disebut memiliki kaitan dengan kasus suap ini.

Baca Juga:
Profil dan Kinerja Saham SAP, Perusahaan Jerman yang Diduga Terlibat Suap di Indonesia Ancang-Ancang Stock Split, Saham SCCO Tembus ARA ke 9.775

Tak hanya itu, SEC secara spesifik menyebutkan dakwaan terhadap perusahaan perangkat lunak global SAP SE atas pelanggaran FCPA terjadi Afrika Selatan, Malawi, Kenya, Tanzania, Ghana, Indonesia, dan Azerbaijan.

Dalam hal ini, sebelumnya perusahaan menyetujui sanksi moneter sebesar hampir USD100 juta dalam bentuk pencairan dan bunga prasangka untuk menyelesaikan tuntutan SEC.

Kinerja Keuangan dan Saham

SAP SE adalah perusahaan teknologi perusahaan perangkat lunak multinasional yang memproduksi perangkat lunak perusahaan untuk mengelola operasi bisnis dan hubungan dengan klien.

Perusahaan ini terkenal berkat produk perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan.SAP juga menjadi perusahaan perangkat lunak dengan pendapatan terbesar di luar AS, dan merupakan perusahaan perangkat lunak publik terbesar ketiga di dunia.

Perusahaan ini didirikan oleh lima mantan karyawan IBM pada 1 April 1972. Kelima punggawa tersebut di antaranya Dietmar Hopp, Hasso Platter, Claus Wellenreuther, Klaus Tschira, dan Hans-Werner Hector memulai perusahaan SystemAnalyse Programmentwicklung alias Pengembangan Program Analisis Sistem.

Ide mereka adalah menciptakan perangkat lunak perusahaan standar yang mengintegrasikan semua proses bisnis dan memungkinkan pemrosesan data secara real time.

Di Indonesia, SAP SE beroperasi melalui PT SAP Indonesia dan berkantor di WTC II, 9th Floor Metropolitan Complex JI. Jend. Sudirman Kav. 29-31. Jakarta. SAP sendiri adalah singkatan dari System Application and Product. 

SAP berkantor pusat di Walldorf, Baden-Württemberg, Jerman dengan perwakilan kantor regional yang tersebar di 180 negara. Perusahaan ini memiliki lebih dari 425.000 klien di lebih dari 180 negara dan sahamnya terindeks di pasar saham Euro Stoxx 50.

Untuk kuartal ketiga yang berakhir pada tanggal 30 September 2023, kinerja keuangan SAP menunjukkan ketahanan yang luar biasa di tengah ketidakpastian global. Pertumbuhan pendapatan cloud naik sebesar 16 persen mencapai €3,47 miliar. SAP mencatatkan total pendapatan €7,74 miliar tumbuh 4 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. (Lihat tabel di bawah ini.)

Profil dan Kinerja Saham SAP, Perusahaan Jerman yang Diduga Terlibat Suap di Indonesia

Jelang pertemuan kuartalan, CEO Christian Klein memperkirakan percepatan pendapatan cloud lebih lanjut di tahun-tahun mendatang. SAP memperkirakan akan memulai pesta tersebut pada akhir bulan ini dengan memenuhi target panduan Q4 sebesar USD4,58 miliar dalam pendapatan cloud, naik 24 persen dibanding Q4 2022.

Pada Q4 2022, SAP membukukan pendapatan cloud sebesar USD3,7 miliar. Untuk Q4 tahun ini, SAP perlu meningkatkan pendapatan cloud agar tetap berada di jalur yang tepat untuk mencapai target pendapatan cloud sebesar USD23,44 miliar pada 2025 mendatang.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.