Note

Ikhtisar pasangan EUR/USD. 15 Januari. Pratinjau minggu ini. Pidato Christine Lagarde dan laporan inflasi

· Views 38

Ikhtisar pasangan EUR/USD. 15 Januari. Pratinjau minggu ini. Pidato Christine Lagarde dan laporan inflasi

Pasangan mata uang EUR/USD terus berada di sekitar garis moving average, dan situasi ini bisa sangat membingungkan bagi trader pemula dan berpengalaman. Selama lebih dari seminggu, kami mengamati pertumbuhan yang lamban dalam mata uang Eropa, dan apa artinya ini perlu diklarifikasi. Jika pasar bermaksud untuk melanjutkan tren naik dalam tiga bulan, pasar mungkin akan beralih ke pembelian lebih cepat. Seperti yang telah kami sebutkan beberapa kali, jika ini merupakan koreksi, kita akan memperkirakan akan terjadi penurunan baru yang signifikan pada mata uang Eropa.

Pada prinsipnya, aspek fundamental yang menjadi ciri keadaan pasangan EUR/USD tetap sama dari waktu ke waktu. Pasar secara praktis mengabaikan semua faktor yang mendukung mata uang Amerika, sehingga faktor makroekonomi dan fundamental tidak terlalu berpengaruh. Apakah penting seberapa kuat statistik makroekonomi di AS atau apa yang dikatakan oleh perwakilan Federal Reserve? Pekan lalu, Loretta Mester secara terbuka menyatakan bahwa The Fed belum siap untuk memilih pelonggaran kebijakan moneter. Dengan kata lain, bahkan anggota komite moneter langsung mengatakan kepada pasar: tidak akan ada penurunan suku bunga di bulan Maret. Namun, menurut alat FedWatch, ekspektasi pasar menunjukkan kemungkinan penurunan suku bunga hampir 80% pada pertemuan kedua pada tahun 2024.

Entah pasar mengira regulator sedang mencoba membingungkannya atau ingin menghindari reaksi terhadap fakta yang sudah jelas. Hal ini menjadikannya lebih menantang bagi kami. Apa yang terjadi dengan pasangan mata uang saat ini tidak dapat disebut sebagai pergerakan yang logis dan beralasan. Oleh karena itu, proses peramalan menjadi jauh lebih rumit.

Pasar dapat melanjutkan pergerakan naik, yang dapat diidentifikasi dengan melampaui level Murray di 1.0986. Namun, kami masih mengantisipasi pergerakan hanya ke sisi bawah.

Peristiwa menarik apa yang diperkirakan akan terjadi di Uni Eropa pada minggu mendatang? Akan ada beberapa peristiwa penting. Kita dapat menyebutkan pidato Christine Lagarde dan laporan inflasi. Tapi sekali lagi, apa bedanya dengan apa yang dikatakan Christine Lagarde kepada pasar? Dia kemungkinan tidak akan mengumumkan bahwa ECB siap menaikkan suku bunga lagi. Dia kemungkinan besar tidak akan mengungkapkan bahwa pelonggaran kebijakan moneter akan dimulai pada musim semi 2024. Dan semua hal lainnya sudah diketahui pasar tanpa pidato kepala ECB lagi. Perlu diingat bahwa anggota komite moneter regulator Eropa berbicara hampir setiap hari, dan retorika mereka hampir tidak berubah.

Intinya sama – tarif akan mulai turun tahun ini, tapi mungkin tidak sebelum musim panas. Pasar saat ini memiliki permintaan yang tinggi terhadap euro semata-mata berdasarkan asumsi bahwa ECB akan menurunkan suku bunga setelah The Fed dan melakukannya dengan lebih lambat.

Laporan inflasi di UE juga tidak begitu berpengaruh terhadap pasar. Menurut perkiraan, inflasi akan naik menjadi 2,9% di bulan Desember. Sosok yang familiar? Cukup familiar, karena ini akan menjadi penilaian kedua di bulan Desember. Penilaian kedua jarang menarik minat pasar, karena penilaian tersebut jarang berbeda dari penilaian awal. Laporan inflasi di Jerman – memiliki kesimpulan yang sama; penilaiannya adalah yang kedua. Apa lagi? Produksi industri dan indeks ZEW Institute? Laporan-laporan tersebut, yang dianggap sekunder bahkan dalam kondisi normal, tidak memiliki signifikansi bagi pasar saat ini. Mungkin ada reaksi lokal dalam satu hari, namun peristiwa ini tidak akan mempengaruhi sentimen pasar secara keseluruhan, yang saat ini hanya diekspresikan melalui pembelian pasangan mata uang ini.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Ikhtisar pasangan EUR/USD. 15 Januari. Pratinjau minggu ini. Pidato Christine Lagarde dan laporan inflasi

Volatilitas rata-rata pasangan mata uang EUR/USD selama lima hari trading terakhir pada tanggal 14 Januari adalah 58 poin dan dikategorikan sebagai "rata-rata". Oleh karena itu, kami memperkirakan pergerakan antara level 1,0892 dan 1,1008 pada hari Senin. Pembalikan kembali indikator Heiken Ashi akan menunjukkan upaya baru untuk melanjutkan tren turun baru.

Level dukungan terdekat:

S1 – 1.0925

S2 – 1.0864

S3 – 1.0803

Level resistensi terdekat:

R1 – 1.0986

R2 – 1.1047

R3 – 1.1108

Penjelasan untuk ilustrasi:

Kanal regresi linier - membantu menentukan tren saat ini. Apabila keduanya diarahkan ke arah yang sama, maka trennya saat ini kuat.

Garis Moving Average (pengaturan 20.0, diperhalus) - menentukan tren jangka pendek dan arah trading yang harus dilakukan saat ini.

Level Murray - level target untuk pergerakan dan koreksi.

Tingkat volatilitas (garis warna merah) - kemungkinan kanal harga di mana pasangan ini akan menghabiskan hari berikutnya, berdasarkan indikator volatilitas saat ini.

Indikator CCI - masuknya ke dalam area oversold (di bawah -250) atau overbought (di atas +250) menunjukkan bahwa pembalikan tren ke arah yang berlawanan sudah dekat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.