Note

Saham Bank Raksasa Kembali Jadi Penggerak IHSG

· Views 32
Saham Bank Raksasa Kembali Jadi Penggerak IHSG
Saham Bank Raksasa Kembali Jadi Penggerak IHSG (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Saham Perbankan dengan kapitalisasi besar masih menjadi penggerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Research Analyst MNC Sekuritas Raka Junico mengatakan, empat bank raksasa seperti BBRI, BBCA, BMRI dan BBNI memiliki dampak cukup besar ke IHSG sekitar 15%-20%.

Baca Juga:
Saham Bank Raksasa Kembali Jadi Penggerak IHSG IHSG Awal Pekan Menguat, 175 Saham Parkir di Zona Hijau

"Dimana hal tersebut tentunya mendorong pergerakan dari laju indeks itu sendiri, dicermati sejak akhir tahun lalu indeks kita berhasil mencatatkan return yang positif ya sejalan dari kinerja empat bank tersebut," kata Raka dalam Market Buzz Power Breakfast IDX, Senin (15/1/2024).

Menurut Raka, kinerja dari empat bank tersebut ini bisa mencatatkan hal yang positif tentunya seiring jika dicermati pada Oktober 2023 lalu pertumbuhan kredit sebesar 11,7%.

Baca Juga:
Saham Bank Raksasa Kembali Jadi Penggerak IHSG IHSG Pekan Ini Bakal Cenderung Fluktuatif, Apa Saja Pemicunya? 

"Artinya adalah pertumbuhan kredit ini memang jauh diatas industrinya yang hanya sekitar 9,7% secara year on year, dimana menjadi salah satu katalis positif yang utama," ujar Raka.

Selain itu, lanjut Raka, kedepannya dalam outlook 2024 ada kemungkinan pengurangan cost of fund seiring dengan improve asset quality dan menurunnya NPL seiring turunnya suku bunga acuan potensinya.

Sehingga hal tersebut membuat pasar untuk cenderung price in untuk memanfaatkan momentum akhir tahun dan January effect.

Adapun return dari saham perbankan big caps sudah tinggi, sehingga untuk para investor jika ingin masuk ke saham ini maka bisa buy on weakness mengingat harganya sudah relatif naik dan cenderung mengalami koreksi.

Untuk bulan depan yang mana adanya Pemilu Presiden, Raka menilai masih ada kesempatan perbankan big caps ini menyentuh all time high.

Dari MNC Sekuritas sangat overweight untuk perbankan pada tahun ini dan jika dicermati momentum pemilu nantinya akan jadi salah satu faktor untuk investor cenderung wait and see sehingga ada potensi koreksi secara jangka pendek.

"Sejak akhir Januari akan ada koreksi pada market, saya melihat IHSG masih punya support kuat di 7.152 maka range untuk IHSG nantinya akan menyentuh lagi 7.300an lalu apabila ditembus, support berikutnya ada di 7.045," jelasnya.

Untuk minggu ini, menurut Raka IHSG akan cenderung terbatas kenaikannya karena ada event dari domestik dan global, sehingga indeks cenderung limited upside pergerakannya.

Berikut saham pilihan rekomendasi yang dapat dikoleksi;

ACES 760 - 835 BOW
ERAA 360 - 454 BOW
TLKM 3860 - 4090 BOW
MTEL 675 - 725 BOW

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.