Note

Mobil Listrik China Mau Ramaikan RI, Begini Profilnya

· Views 33
Mobil Listrik China Mau Ramaikan RI, Begini Profilnya
Mobil listrik BYD - Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta

Indonesia bakal kedatangan pemain mobil listrik baru. Pemain mobil listrik yang bakal masuk ke Indonesia ialah BYD asal China.

Kabar tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut mengatakan, BYD akan meluncurkan produknya pada 18 Januari ini di Indonesia.

"Mereka (BYD) sekarang tanggal 18 ini mau launching dan itu akan bawa era baru bagi Indonesia," ujar Luhut dalam keterangan video di akun Instagramnya seperti dikutip Sabtu (13/1/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Luhut, BYD telah mengalahkan Tesla baik dari segi penjualan dan kualitasnya pun tak jauh beda. "Ya saya kira dengan BYD masuk, dia kan sekarang sudah melampaui Tesla sales-nya, kualitasnya pun tidak kalah sama Tesla," sebut Luhut.

Dikutip dari Forbes, BYD Co Ltd berdiri pada 10 Februari 1995 dengan kantor pusat di Shenzhen, China. Perusahaan menjalankan bisnisnya dalam empat segmen, yakni baterai isi ulang dan produk lainnya, komponen handset seluler dan layanan perakitan, mobil dan produk terkait, dan korporasi dan lainnya.

Pada segmen baterai isi ulang dan produk lainnya, perusahaan memproduksi dan menjual baterai lithium-ion dan nikel terutama untuk telepon seluler, peralatan listrik, dan instrumen elektronik portabel lainnya serta produk energi baru.

Lalu, pada komponen handset seluler dan layanan perakitan terdiri dari komponen handset seluler seperti housing, keypad, dan penyediaan layanan perakitan. Berikutnya, segmen mobil dan produk terkait terdiri dari mobil, cetakan dan komponen terkait mobil, penyewaan mobil, layanan purna jual, dan bisnis terkait skyrail.

Dari sisi kinerja, perusahaan yang tercatat memiliki 570.060 karyawan ini memperoleh pendapatan (revenue) sebesar US$ 68,1 miliar dan laba US$ 2,9 miliar pada tahun 2023. Aset perusahaan tercatat sebesar US$ 79,6 miliar.

Wang Chuanfu merupakan CEO BYD. Saat ini, ia tercatat memiliki kekayaan US$ 14,9 miliar atau setara Rp 308,45 triliun (kurs Rp 15.500). Ia berada di rangking 9 orang terkaya China dan berada di urutan ke 88 orang terkaya di dunia di tahun 2023.

Wang Chuanfu telah membuat BYD menjadi perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia berdasarkan penjualan. BYD menyalip Tesla pada tahun 2022 dan menguasai 21% pasar global.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.