Note

​Tantangan ekonomi memicu penarikan besar-besaran aset Tiongkok

· Views 34
​Tantangan ekonomi memicu penarikan besar-besaran aset Tiongkok

Menurut Financial Times, yang merujuk pada data dari Stock Connect, investasi asing pada saham-saham Tiongkok mengalami penurunan drastis sebesar 87%, turun menjadi 235 miliar yuan ($33 miliar) pada tahun 2023. Jenis investasi ini telah mencapai puncaknya pada bulan Agustus lalu, hanya tersisa 30,7 miliar yuan ($4,35 miliar).

Situasi ini sungguh membingungkan. Tiongkok telah mengalami penurunan signifikan dalam modal asing. Selain itu, para investor asing menarik hampir 90% investasi mereka dari sekuritas-sekuritas Tiongkok. Apa yang memicu memburuknya kondisi ini? Mengapa modal keluar dan bagaimana tren ini dapat berbalik? Pertanyaan-pertanyaan ini masih belum terjawab.

Para analis mengaitkan arus keluar modal asing dari aset Tiongkok dengan berbagai faktor yang tidak menguntungkan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah kurangnya kepercayaan investor besar terhadap pemerintah Tiongkok, serta keengganan Beijing untuk menerapkan langkah-langkah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian domestik. Selain itu, para investor juga khawatir atas stagnasi ekonomi Tiongkok yang berkepanjangan. Menurut para trader dan analis, tren ini mencerminkan rasa pesimisme yang ada dan menimbulkan keraguan terhadap prospek masa depan perekonomian Tiongkok.

Pada bulan Agustus 2023, para investor internasional mulai melakukan divestasi dari aset Tiongkok dalam skala besar. Puncak aksi jual ini bertepatan dengan periode ketika pengembang properti Country Garden gagal membayar obligasinya. Peristiwa ini menjelaskan betapa parahnya krisis likuiditas di sektor properti Tiongkok, seperti dilansir Financial Times.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.