Note

Wamenhan Buka-bukaan soal Belanja Pesawat Tempur Bekas

· Views 35
Wamenhan Buka-bukaan soal Belanja Pesawat Tempur Bekas
Wamenhan M Herindra/Foto: Dok Kemhan
Jakarta

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra menjelaskan pembelian pesawat tempur bekas saat bicara mengenai pengadaan alat perang. Sebagaimana diketahui, pembelian pesawat tempur bekas tengah menjadi topik yang hangat karena disinggung dalam debat calon presiden (capres) belum lama ini.

Wakil Menteri Pertahanan, Muhammad Herindra menjelaskan, pihaknya fokus melihat adanya kekosongan pada alat perang, sehingga perlu pengadaan secara cepat.

"Sehingga kalau kita mau beli yang baru tidak secepat itu dan tidak semudah itu," katanya dalam acara Membangun Kekuatan Pertahanan di Kawasan Regional yang disiarkan YouTube Media Center Indonesia Maju, Jumat (12/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan, kalaupun ada uang belum tentu bisa dibeli. Ia pun mengibaratkan, jika membangun sebuah rumah dan atapnya bolong maka atap itu harus segera ditutup. Sementara, jika membeli yang baru maka akan butuh waktu yang lama.

"Sementara yang ada tersedia, bukan bekas, tapi masih layak digunakan dan siap dipakai, makanya itulah yang segera kita taruh di situ," katanya.

Ia pun mengatakan, pihaknya telah membeli 42 unit pesawat tempur baru Rafale. Dia bilang, belum pernah terjadi dalam sejarah Indonesia pengadaan alat baru sebanyak 42 unit.

"Belum pernah ada sejarah selama republik ini berdiri pengadaan alat perang baru 42 unit," katanya.

Itu saja, kata dia, baru siap (ready combat) baru 7 tahun yang akan datang. Dia mengatakan, sambil menunggu pesawat-pesawat itu jadi, maka kekosongan itu harus diisi.

"Bayangkan begitu lama, tapi kalau kita dalam rangka menunggu yang baru itu, kekosongan yang masih lowong itu diisilah. Dan ini bukan masalah bekas dan baru yang kita pilih kemarin yang dibicarakan itu, ini karena memang alat perang pesawat itu masih layak pakai atau tidak. Itu pengganti untuk sambil menunggu alat perang yang sudah kita rencanakan," jelasnya.

Pentingkah usia alutsista? Cek halaman berikutnya.

Halaman 1 2
Selanjutnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.