Note

Pefindo Upgrade Kredit Rating Bumi Serpong (BSDE) Jadi idAA

· Views 52
Pefindo Upgrade Kredit Rating Bumi Serpong (BSDE) Jadi idAA
Pefindo Upgrade Kredit Rating Bumi Serpong (BSDE) Jadi idAA (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Lembaga pemeringkat, PT Pefindo menaikkan peringkat PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dari idAA- menjadi idAA. Kenaikan rating kredit ini berlaku untuk Obligasi III/2022 serta Sukuk Ijarah Berkelanjutan I/2022. 

"Tindakan pemeringkatan tersebut mencerminkan ekspektasi kami terhadap BSDE posisi bisnis yang solid dan pertumbuhan pendapatan berulang dalam jangka pendek hingga menengah," tulis Pefindo, Jumat (12/1/2024).

Baca Juga:
Pefindo Upgrade Kredit Rating Bumi Serpong (BSDE) Jadi idAA Bumi Serpong (BSDE) Siap Bangun Kompleks Hunian di IKN

BSDE dinilai berhasil secara konsisten membukukan marketing sales yang stabil, dengan sales backlog tercatat sebesar Rp15 triliun per 30 September 2023, sehingga bernilai dua tahun penjualan pengembangan properti. 

"Selain itu, kami juga berpandangan bahwa BSDE pertumbuhan pendapatan berulang akan mengkompensasi risiko yang lebih tinggi dari propertinya segmen pengembangan," tambah Pefindo.

Baca Juga:
Pefindo Upgrade Kredit Rating Bumi Serpong (BSDE) Jadi idAA Bumi Serpong (BSDE) Serap Capex Rp2,8 Triliun, Intip Realisasinya

Adapun prospek peringkat BSDE adalah stabil tercermin dari posisi bisnis BSDE yang sangat kuat, produk properti yang terdiversifikasi dan cakupan wilayah yang luas, serta likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang kuat. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh sensitivitas industri yang tinggi terhadap perubahan makroekonomi.

"Peringkat dapat dinaikkan jika BSDE secara konsisten mencapai proyeksi marketing salesnya dan target pendapatan dari ekspansi bisnis serta mengadopsi yang lebih konservatif leverage keuangan," tulis Pefindo. 

Baca Juga:
Pefindo Upgrade Kredit Rating Bumi Serpong (BSDE) Jadi idAA Bumi Serpong (BSDE) Raup Pendapatan Rp7,31 Triliun di Kuartal III-2023, Ini Penopangnya

Namun, peringkat dapat diturunkan jika pendapatannya, pemasaran penjualannya dan EBITDA jauh di bawah target, sementara leverage keuangannya meningkat agresif karena ekspansi yang didanai utang.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.