Note

Harga Komoditas Uranium Terbang 80 Persen Setahun

· Views 20
Harga Komoditas Uranium Terbang 80 Persen Setahun
Harga Komoditas Uranium Terbang 80 Persen Setahun. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Harga uranium naik ke atas USD92 per pon sepanjang awal 2024. Ini memperpanjang lonjakan dari akhir 2023 ke level tertinggi sejak akhir 2007.

Kenaikan uranium terjadi di tengah meningkatnya tanda-tanda permintaan yang kuat dan risiko terhadap pasokan.

Baca Juga:
Harga Komoditas Uranium Terbang 80 Persen Setahun Harga Minyak Naik, Saham Migas APEX-MEDC Cs Melesat

Secara mingguan, harga urainum melonjak 1,65 persen di level USD92,5 per Senin (8/1/2024) dan dalam sebulan sudah melonjak 12,39 persen. Dalam setahun, harga uranium sudah melonjak 85,74 persen. (Lihat grafik di bawah ini.)

Harga Komoditas Uranium Terbang 80 Persen Setahun

Baca Juga:
Harga Komoditas Uranium Terbang 80 Persen Setahun Harga Minyak Menguat 2 Persen, Imbas Ketegangan di Timur Tengah

Nampaknya, hanya uranium sebagai komoditas energi yang harganya melesat sepanjang tahun lalu. Sementara harga energi lain seperti minyak mentah, gas alam, dan batu bara masih tertekan sepanjang tahun.

Harga bahan bakar fosil yang fluktuatif dan tujuan dekarbonisasi yang ambisius mendorong Amerika Serikat (AS) dan 20 negara lainnya mengumumkan bahwa mereka akan memanfaatkan tenaga nuklir dan jumlahnya meningkat tiga kali lipat pada  2050.

Baca Juga:
Harga Komoditas Uranium Terbang 80 Persen Setahun Harga Emas Antam Naik ke Rp1.124.000 per Gram

Perlombaan Nuklir sebagai Energi Masa Depan

Taruhan besar pada energi nuklir dipimpin oleh China, yang sedang membangun 22 dari 58 reaktor global, sementara Jepang memulai kembali reaktornya setelah tragedi Fukushima pada 2007.

Melansir International Atomic Energy Agency (IAEA), pembangkit listrik tenaga nuklir beroperasi di 32 negara pada 2022 dan menghasilkan sekitar sepersepuluh listrik dunia.

Kebanyakan reaktor nuklir berada di Eropa, Amerika Utara, Asia Timur dan Asia Selatan. AS adalah produsen listrik tenaga nuklir terbesar, sementara Prancis mempunyai pangsa listrik terbesar yang dihasilkan oleh tenaga nuklir, yaitu sekitar 70 persen.

China kini memiliki program pembangkit listrik tenaga nuklir yang tumbuh paling cepat dengan 16 reaktor baru yang sedang dibangun, diikuti oleh India, yang memiliki 8 reaktor baru yang sedang dibangun.

China kini menjadi negara yang tengah mendorong pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) secara besar-besaran. Dilaporkan Bloomberg, China General Nuclear Power Group telah menetapkan target pembangunan PLTN mencapai 200 GW pada tahun 2035, yang dihasilkan oleh 150 reaktor tambahan.

China kini memiliki dua perusahaan tenaga nuklir besar yakni China National Nuclear Corporation yang berlokasi di timur laut China, dan China General Nuclear Power Group (sebelumnya dikenal sebagai China Guangdong Nuclear Power Group) yang beroperasi di China bagian tenggara.

Tak hanya itu, pembangunan reaktor baru di Finlandia menandai fasilitas baru pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Eropa dalam 16 tahun. Akibatnya, perusahaan utilitas menandatangani kontrak pembelian triuranium octoxide (U3O8) alias uranium sebesar 160 juta pon pada 2023, yang merupakan kontrak terbesar sejak tahun 2012.

Namun, perkembangan ini dihadapkan pada meningkatnya ancaman terhadap pasokan. Perusahaan-perusahaan negara Barat terus secara sukarela menghindari impor uranium Rusia karena invasi mereka ke Ukraina, sementara para pejabat AS semakin mendekati pelarangan impor dari salah satu produsen bahan bakar nuklir terbesar dunia tersebut.

Diketahui urainum merupakan bahan baku pembuat energi nulir. Tenaga nuklir telah dipertimbangkan sebagai alternatif pengganti batu bara karena meningkatnya kekhawatiran terhadap kualitas udara, perubahan iklim, dan kekurangan bahan bakar fosil di masa depan.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.