Note

Juli Tahun Ini, Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Bisa Beroperasi Fungsional

· Views 39

Pasardana.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) upayakan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 ruas Padang - Sicincin sepanjang 36,6 kilometer (km) ditargetkan dapat beroperasi fungsional pada Juli 2024. 

Diketahui, hingga saat ini ada enam ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang akan tersambung dari provinsi Lampung hingga Aceh, berikut sirip/ feedernya, dimana yang telah dioperasikan dengan total sepanjang 596 km. 

"Enam ruas jalan tol dengan total panjang 596 km telah beroperasi dan 7 ruas jalan tol sepanjang 361 km sedang dalam konstruksi. Sisanya, terdapat 4 ruas sepanjang 582 km memasuki rencana tahap II, 5 ruas sepanjang 657 km memasuki rencana tahap III, dan 6 ruas sepanjang 553 km memasuki rencana tahap IV,” jelas Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (12/1). 

Tahun ini, imbuh Menteri Basuki, pihaknya menargetkan sejumlah JTTS koridor utama untuk dapat dioperasikan, di antaranya Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (sebagian Seksi 2 - Seksi 4), Binjai – Langsa Seksi 2, Kisaran – Indrapura, Padang – Pekanbaru (Bangkinang – Pangkalan), Sigli – Banda Aceh Seksi 1, Betung- Jambi Seksi Bayung Lencir – Tempino, Padang – Pekanbaru (Padang – Sicincin), dan Binjai – Langsa (Seksi 3).

Salah satunya termasuk Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km yang akan menghubungkan provinsi Sumatra Barat dan Riau.

Menurut dia, kecepatan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Padang membutuhkan dukungan pemerintah daerah. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menerangkan bahwa Jalan Tol Padang - Sicincin ditargetkan dapat mulai beroperasi fungsional pada awal semester II tahun ini. 

“Ditargetkan, Jalan Tol Pekanbaru – Padang, Seksi 1 Padang – Sicincin dapat selesai dan fungsional pada Juli 2024 sehingga dapat mendukung jalur logistik dan jalur pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian di provinsi Sumatra Barat dan Riau,” kata Hedy.

Adapun, saat ini progres pembebasan lahan Jalan Tol Pekanbaru – Padang, Seksi 1 Padang - Sicincin hampir rampung dan telah mencapai 92,6%.

Sementara progres itu, konstruksinya mencapai 47,22%. Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Seksi 1 Padang – Sicincin akan terbagi menjadi 2x2 lajur pada tahap awal. 

Seksi ini akan memiliki tiga gerbang tol yang berada pada STA 1+800, STA 19+000, dan STA 35+800.

Seksi ini juga akan memiliki satu pasang tempat istirahat dan pelayanan (TIP/rest area) Tipe A yang berada di STA 23+000. 

Jalan Tol Pekanbaru-Padang memiliki total panjang 254 km dengan perincian Seksi 1 Padang–Sicincin, Seksi 2 Sicincin–Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi–Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh–Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan–Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang–Pekanbaru.

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru–Padang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) melalui perjanjian pengusahaan jalan tol yang ditandatangani pada Oktober 2017 dengan nilai investasi sebesar Rp9,729 triliun.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.