Note

Insight IM Cetak Prestasi pada 2023: Dana Kelolaan Naik di Atas 30 Persen

· Views 37
Insight IM Cetak Prestasi pada 2023: Dana Kelolaan Naik di Atas 30 Persen
Insight IM Cetak Prestasi pada 2023: Dana Kelolaan Naik di Atas 30 Persen (FOTO:Dok Ist)

IDXChannel – Manajer Investasi PT Insight Investments Management (Insight IM) mencatat pencapaian penting sepanjang 2023, termasuk pertumbuhan kinerja produk andalan, pencapaian distribusi Corporate Social Responsibility (CSR), serta penghargaan yang diterima atas kedua pencapaian tersebut.

“Volatilitas pasar yang masih tinggi akibat berbagai peristiwa keuangan baik di pasar global maupun domestik mengakibatkan dana kelolaan di industri reksa dana Indonesia cenderung stagnan, bahkan mengalami penurunan. Di sisi lain, dana kelolaan Insight IM mampu meningkat di atas 30%,” jelas Direktur Utama Insight IM Ekiawan Primaryanto dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (12/1/2024).


“Pertumbuhan tersebut tidak dapat dipisahkan dari pencapaian kinerja produk andalan kami sepanjang tahun 2023 ini. Dari Reksa Dana Pasar Uang, dapat terlihat Reksa Dana Insight Money (I-Money) membukukan kinerja sebesar 5,35%. Kinerja ini jelas mengungguli indeks yang kami jadikan benchmark reksa dana pasar uang,” tambah Ekiawan.

“Tidak hanya Reksa Dana Pasar Uang, performa yang baik juga dapat kita lihat pada Reksa Dana Pendapatan Tetap. Sebagai contoh, Reksa Dana Insight Renewable Energy Fund (I-Renewable) memiliki total return sepanjang 2023 yang mampu mengungguli benchmark, yakni mencapai 7,94%," tukasnya.

Selain itu, investor yang ingin melakukan diversifikasi di investasi aset saham, dapat melirik Reksa Dana Indeks Insight Sri-Kehati Likuid (I-SRI Likuid). Selain memiliki kinerja yang sangat baik, sebesar 8,61%, I-SRI Likuid menunjukkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan benchmark dan indeks-indeks lainnya seperti Infovesta Equity Fund Indeks, LQ45, dan IHSG.

"Performa baik ini didorong oleh capital gain dan dividen yang didapatkan dari underlying sahamnya,” pungkas Ekiawan.

“Sejalan dengan catatan kinerja yang baik maka sepanjang tahun 2023 lalu Insight IM telah menyabet 12 penghargaan produk reksa dana terbaik, di antaranya adalah penghargaan untuk 6 produk sekaligus dalam Mutual Funds Best Performance Awards 2023 dari CNBC pada Oktober kemarin, serta Best Investment Manager Awards 2023 dari Majalah Investortrust dan infovesta. Tidak hanya itu, kami juga mendapatkan penghargaan internasional Refinitiv Lipper Fund Awards 2023 untuk dua produk kami,” tutur Ekiawan.

Ekiawan berharap, dengan meningkatnya dana kelolaan dan kinerja Insight IM di tengah tren penurunan dana kelolaan industri, rasa percaya investor terhadap Insight IM juga semakin meningkat.

Capaian Distribusi CSR dan Beragam Penghargaan

“Bertumbuhnya dana kelolaan produk-produk Reksa Dana kami tentu diiringi pula dengan bertumbuhnya kualitas serta kuantitas program kontribusi sosial yang kami lakukan. Insight IM selalu mengedepankan prinsip Transforming Investments into Social Impact,” jelas Ekiawan.

Dalam penjelasannya lebih lanjut, tertulis bahwa Insight IM terus aktif melakukan kegiatan CSR di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam satu tahun ke belakang, program-program CSR yang dilakukan Insight IM telah berhasil memberikan beasiswa kepada 118 mahasiswa dari 23 provinsi di seluruh Indonesia. Hal serupa juga terlihat pada program-program kesehatan yang berhasil membantu banyak orang mendapatkan akses kesehatan, terlebih program pencegahan stunting untuk 286 balita di 4 provinsi di Indonesia.

Dari segi sosial kemanusiaan dan keagamaan,  37.585 orang telah terbantu lewat beragam program mulai dari pembangunan akses air, bantuan pendidikan agama, hingga bantuan bagi penyandang disabilitas. Begitu pun pemberdayaan masyarakat yang telah membantu 291 orang untuk dapat lebih memiliki akses terhadap kesetaraan ekonomi melalui pelatihan kewirausahaan berkelanjutan.

Tidak berhenti di sana, Insight IM juga memiliki beragam program terkait lingkungan dan energi terbarukan.

Setidaknya ada 5.729 penerima manfaat dari program-program penanaman pohon hingga literasi lingkungan untuk anak. Ditambah lagi adanya 100 penerima manfaat dari program ProWomen, sebuah program pengembangan energi terbarukan bagi kelompok masyarakat petani kopi perempuan di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Berkat capaian distribusi CSR tersebut, Insight IM telah meraih pengakuan dengan menerima 5 penghargaan untuk kegiatan CSR kami. Salah satunya adalah Silver Champion in Corporate Social Responsibility Program - Elemen Ekonomi di acara BISRA 2023, Baznas Award 2023 sebagai Perusahaan dengan Program Dakwah CSR/DSKL terbaik, dan Anugerah CSR Awards 2023 kategori economic development initiative dari IDX Channel pada penghujung 2023.

“Sehingga sepanjang tahun 2023 Insight IM telah menerima total 17 penghargaan untuk produk reksa dana dan aktivitas program CSRnya, kami berharap prestasi ini memacu perusahaan dalam meningkatkan kinerja produk-produk reksa dana yang dihasilkan serta terus bergerak dalam agenda transformasi investasi menjadi program-program yang berdampak untuk sosial, lingkungan, dan kemasyarakatan,” tutur Ekiawan.


(SAN)

Baca Juga:
Insight IM Cetak Prestasi pada 2023: Dana Kelolaan Naik di Atas 30 Persen Mulai Besok BEI Hapus Reksa Dana XDSG dari Papan Pencatatan

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.