Note

Garap Proyek Perkeretaapian di Filipina, BUMN Karya Kantongi Nilai Kontrak Rp8,4 T

· Views 33

Pasardana.id - Dua BUMN karya asal Tanah Air, yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PP dipercaya Pemerintah Filipina untuk menggarap pembangunan prasarana perkeretaapian Malolos-Clark Railway Project.

Kabar tersebut disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat kunjungan kerja di Manila, Filipina, Kamis (11/1). Erick bilang, kepercayaan Filipina terhadap Adhi Karya dan PP terwujud dalam penandatanganan pada Juli 2023 yang disaksikan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr.

"Malolos-Clark Railway Project ini menjadi bukti bahwa jika pengelolaan BUMN Karya dijaga dengan benar dan governance-nya mengikuti standar terbaik, maka BUMN Karya dapat berkinerja dan memberikan kontribusi yang optimal," kata dia.

Diinformasikan, ADHI-PP berhasil memenangkan kontrak pekerjaan yang dilelang dengan menggunakan kerangka pengadaan International Competitive Bidding (ICB) yang distandarkan oleh ADB.

Saat ini, lanjut Erick, ADHI dan PP dalam proses penerbitan untuk Phillippine Contractors Accreditation Board (PCAB) atau Surat Usaha Jasa Kontruksi (SUJK) dari Pemerintah Filipina.

"Dari 9 kontrak pekerjaan yang dilelang dengan nilai proyek sebesar US$2,75 miliar, Joint Venture Adhi Karya dan PP mendapatkan 2 kontrak package secara profesional," ucap Erick.

Erick mengatakan dari total nilai kontrak sebesar US$2,75 miliar atau setara Rp 41,25 triliun, JV ADHI dan PP memperoleh kontrak sebentar US$560 juta atau setara Rp8,4 triliun, dengan porsi 51 persen ADHI dan 49 persen PTPP.

Sementara, proses pembebasan lahan juga tengah dilakukan Pemerintah Filipina dan groundbreaking atas proyek ini direncanakan pada Maret 2024 mendatang.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.