Note

KCI Targetkan KRL Impor Tiba di RI Paling Cepat Akhir 2024, dari Jepang?

· Views 24
KCI Targetkan KRL Impor Tiba di RI Paling Cepat Akhir 2024, dari Jepang?
Ilustrasi KRL Jepang/Foto: Dok. Jreast.co
Jakarta

PT KAI Commuter (KCI) menargetkan pengadaan kereta baru impor bakal dilakukan paling cepat akhir tahun ini. Sementara itu target paling lambat pada awal 2025.

Menurut Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto pihaknya akan menyiapkan Rp 8,65 triliun untuk pengadaan KRL hingga 2027, termasuk untuk impor 3 trainset kereta baru. Ada suntikan modal Rp 5 triliun untuk memenuhi modal tersebut, Rp 2 triliun bakal cair tahun ini, sisanya cair hingga 2026.

"Kita impor yang baru, benar-benar baru. Ini kan kita kejar supaya tahun 2024 bisa ter-deliver di Indonesia," kata Asdo dalam diskusi di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sampai saat ini, pihaknya masih melakukan penjajakan ke lima manufaktur kereta untuk pengadaan KRL baru. Pihaknya juga banyak berkoordinasi dengan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk mencari kereta dengan spesifikasi dan harga paling cocok dengan Indonesia.

"Kita punya beberapa referensi, dan kita ada pendampingan dari Ditjen KA terkait speknya supaya tidak salah, dan disesuaikan dengan kondisi prasarana di sini, listriknya, treknya, lebar keretanya, dan belum spek yang secara teknis detail yang harus sesuai dengan prasarana di sini," papar Asdo.

Asdo tak merinci manufaktur dari mana saja yang sudah dijajaki KCI untuk impor kereta baru. Yang jelas ada salah satu manufaktur Jepang yang masuk dalam lima manufaktur kereta yang dijajaki KCI.

"Kalau tawaran banyak, tapi harganya selangit. Sejauh ini ada lima manufaktur yang prospeknya itu kurang lebih bisa masuk di prasarananya di Indonesia ini. Ada negara lain dong (bukan hanya Jepang)," ujar Asdo.

Sejalan dengan proses importasi kereta baru, Asdo juga menjelaskan beberapa rangkaian sudah mulai dikirim ke PT INKA untuk dilakukan retrofit. Hingga kini sudah ada empat kereta yang mulai diproses retrofitnya.

(hal/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.