Note

Bayar Pajak Warisan, Anggota Keluarga Samsung Jual Saham Rp 25 T

· Views 48
Bayar Pajak Warisan, Anggota Keluarga Samsung Jual Saham Rp 25 T
Foto: AP/Schalk van Zuydam
Jakarta

Ibu dan dua saudara dari Chairman Samsung Electronics, Jay Y. Lee berencana untuk menjual saham kepemililannya. Dalam kesepakatan terbaru, nilai saham yang akan dijual mereka mencapai 2,19 triliun won yang setara US$ 1,66 miliar, atau sekitar Rp 25,73 triliun (kurs Rp 15.500).

Dilaporkan bahwa anggota keluarga Samsung tersebut adalah sang ibu, Hong Ra-hee yang juga mantan Direktur Museum Seni Leeum Samsung, lalu Lee Boo-jin, Presiden Hotel Shilla, dan Lee Seo-hyun, Kepala Yayasan Kesejahteraan Samsung.

Dikutip dari Channel News Asia (CNA), penjualan sekitar 29,8 juta lembar saham akan didiskon 1,2-2% dari harga penutupan saham Samsung di hari Rabu yang sebesar 73.600 won.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun jumlah saham tersebut mewakili 0,5% saham di Samsung Electronics. Tercatat Goldman Sachs, Citibank, UBS dan JP Morgan terlibat dalam kesepakatan tersebut.

"Goldman Sachs, Citibank, UBS dan JP Morgan terlibat dalam kesepakatan tersebut, yang uangnya dipakai keluarga untuk mencicil pajak warisan miliaran dolar setelah Chairman Samsung sebelumnya Lee Kun-hee meninggal pada 2020," tulis laporan Seoul Economic Daily, mengutip sumber perbankan investasi yang tidak disebutkan namanya.

Bersamaan dengan itu, saham afiliasi Samsung C&T, Samsung SDS dan Samsung Life Insurance juga ditawarkan sebesar 644 miliar won untuk tujuan yang sama. Namun Samsung menolak berkomentar.

(ily/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.