Note

BEI Investigasi Emiten Prajogo Pangestu yang Sempat Melejit 355%

· Views 32
BEI Investigasi Emiten Prajogo Pangestu yang Sempat Melejit 355%
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah melakukan investigasi terhadap perdagangan saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN). Hal itu dilakukan karena saham emiten milik Prajogo Pangestu melonjak di luar batas wajar dan telah disuspensi pada 19 Desember 2023.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengakui saat ini BEI memang tengah melakukan langkah investigasi untuk menindaklanjuti pergerakan saham yang terjadi pada CUAN. Investigasi dilakukan oleh divisi Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI.

Sementara bagian Penilaian Perusahaan BEI akan meminta keterangan terkait rencana kinerja ke depan bagi PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dalam rangka investigasi, saya sudah pastikan kebetulan di timnya pak Kristian (Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Kristian Manullang). Kami (penilaian perusahaan BEI) itu memiliki kewajiban untuk bertanya terkait dengan performance mereka rencana ke depan," ujar dia ditemui di Kantor BEI, Jakarta, Kamis (11/1/2024).

"Tentu Pak Kristian punya kewenangan melakukan pemeriksaan untuk pola transaksi," tambahnya.

Nyoman menerangkan intinya BEI akan mendalami bagaimana kinerja dan pola transaksi yang terjadi pada saham CUAN. "Di sini performance kita digging, pola transaksi yang bergerak itu juga dilakukan investigasi," pungkas dia.

Sebagai informasi, BEI telah melakukan suspensi terhadap saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) pada 19 Desember 2023 lalu. Hal ini dilakukan karena pergerakan saham CUAN yang di luar batas wajar, dan langkah suspenso sebagai bentuk perlindungan bagi para investor.

"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) dan sebagai bentuk perlindungan bagi Investor, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN)," tulis Bursa di keterbukaan informasi, Selasa (19/12/2023).

Harga saham CUAN memang menguat signifikan sejak melantai di Bursa pada Maret 2023. Dikutip dari RTI (19/12/2023) lalu, CUAN berhasil menguat sebesar 24% dalam sepekan terakhir.

Sedangkan dalam rentan waktu sebulan emiten ini melonjak hingga 97%. Lalu dalam 3 bulan terakhir saham CUAN melesat hingga 355%.

(ada/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.