Note

Menhub Lobi Korsel Danai Pembangunan Proyek LRT Bali

· Views 27

Pasardana.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan dengan Wakil Menteri Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, Sangwoo Park.

Dari pertemuan tersebut, Menhub Budi berharap adanya dukungan pendanaan dari Korsel terkait dengan pembangunan LRT Bali.

Diketahui, Korea Selatan menjadi mitra dalam melaksanakan studi kelayakan atau feasibility study LRT Bali.

Dimana, lewat pertemuan ini, pemerintah masih terus membahas berbagai skema pendanaan.

Mulai dari memanfaatkan Official Development Assistance (ODA) Loan maupun Public Private Partnership (PPP).

Rencananya, pembiayaannya merupakan hibah dari Korea Exim Bank.

“Kami meminta dukungan penuh Pemerintah Korsel kepada pihak Eximbank, KNR, dan pihak terkait lainnya, sehingga Bali dapat menikmati transportasi massal yang lebih baik,” ujar Menhub Budi, mengutip keterangan resmi, Rabu (10/1).

Terkait proyek LRT Bali, dia mengatakan tahap awal pembangunan LRT Bali melingkupi Bandara Ngurah Rai hingga Central Park.

Saat ini proses studi kelayakan (Feasibility Study/FS) masih dijalankan oleh Korea National Railways.

“FS-nya sudah dimulai pada Januari 2023 lalu, dan kami targetkan studinya sudah selesai pada April 2024,” sebut Menhub.

Dia berharap, KNR yang memiliki pengalaman dan reputasi yang baik sebagai perusahaan kereta api di Korsel, dapat mendukung upaya penyelesaian FS sesuai tenggat waktu.

“Pengerjaan FS ini bukanlah suatu yang mudah, karena banyak aspek yang harus dipertimbangkan mulai dari teknis, finansial, dan institusional. Tapi kami yakin, FS ini dapat kita selesaikan dengan baik,” beber Menhub.

Sementara itu, di sektor udara, Menhub juga mengundang Korea untuk meningkatkan frekuensi penerbangan langsung (direct flight) dari Korea ke Indonesia, khususnya ke Batam dan Bali.

Selain itu, Menhub juga mengharapkan kerjasama pengelolaan Bandara Batam dengan pihak Incheon dari Korea dapat ditingkatkan.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.