Note

Samcro Hyosung Adilestari Resmi Listing di BEI, Optimis Sahamnya Diminati Investor Pasar Modal

· Views 34

Pasardana.id - PT. Samcro Hyosung Adilestari Tbk (IDX: ACRO) resmi mencatatkan saham perdana (listing) di lantai Bursa Efek Indonesia, Kamis (11/1).

Perusahaan yang didirikan pada tanggal 21 Juli 1989 ini, bergerak dalam bidang industri dan perdagangan yang memproduksi berbagai macam produk berupa perekat Hook dan Loop/Magic Tape atau Pita Pengait rekat dan webbing tape.

“Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa dalam perjalanan ACRO. Pencapaian ini juga melebihi ekspektasi kami, ternyata saham ACRO diminati oleh investor pasar modal,” jelas Chung Tae Sung, Direktur Utama PT. Samcro Hyosung Adilestari Tbk dalam keterangan pers, Kamis (11/1).

Diketahui, dalam aksi Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO), Perseroan melepas sejumlah 693.828.000 lembar saham.

Besaran saham itu setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan, dengan harga Rp108 per saham.

Perseroan mengalokasikan sebanyak 2,48% saham dari Saham yang ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana Saham atau 17.203.000 saham untuk program alokasi saham kepada karyawan Perseroan (Employee Stock Allocation atau ESA).

Perseroan juga secara bersamaan menerbitkan sebanyak 231.276.000 Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 8.33% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham disampaikan.

Bersamaan dengan aksi IPO ini, Perseroan mengadakan Program Pemberian Opsi Kepemilikan Saham Kepada Manajemen dan Karyawan (Management and Employee Stock Option Plan - MESOP) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 10% saham dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana Saham atau sebanyak-banyaknya 346.913.800 saham.

Adapun PT UOB Kay Hian Sekuritas selaku Lead mengungkapkan, ACRO mengalami kelebihan permintaan atau oversubsribe 20 kali selama masa offering.

Lebih lanjut Chung Tae Sung mengungkapkan, langkah Perseroan masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui aksi IPO bertujuan untuk:

1.Sekitar 30% akan digunakan Perseroan untuk pembelian mesin yaitu :

a.60% pembelian mesin dalam rangka pengembangan produk baru.

b.40% pembelian mesin dalam rangka peningkatan dan otomatisasi proses produksi.

2.Sekitar 9,84% akan digunakan Perseroan untuk membayar pinjaman Dollar AS dari PT Bank Woori Saudara 1906 Tbk.

3.Sekitar 15% akan digunakan untuk :

a.80,76% akan digunakan untuk sewa gudang dan kantor di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

b.19,24% akan digunakan untuk membeli kendaraan operasional dan peralatan gudang dan kantor di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

4.Sisanya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan, termasuk untuk pembelian kebutuhan bahan baku dan membiayai kegiatan operasional seperti biaya marketing, biaya SDM, biaya promosi, biaya desain kemasan, biaya perbaikan, pemeliharaan mesin dan bangunan, serta biaya overhead pabrik.

Chung Tae Sung menambahkan, Kinerja Perseroan sampai saat ini masih mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang positif.

Ia juga menyatakan optimistis dengan prospek bisnis yang dijalankan Perseroan saat ini.

“Pasar global hook dan loop diharapkan untuk tumbuh dalam CAGR 5,6% hingga tahun 2029,” tandasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.