Note

GBP/USD masih melihat potensi kenaikan meskipun terhenti pada awal tahun 2024

· Views 33

Pada pergantian tahun 2023 dan 2024, terdapat banyak optimisme terhadap pound Inggris. Bank of England diperkirakan akan melakukan penurunan suku bunga repo yang lebih kecil dibandingkan Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa, karena perekonomian Inggris mulai membaik dan pertumbuhan selera risiko global mendukung sterling sebagai mata uang pro-siklus. Dengan latar belakang ini, perkiraan Goldman Sachs mengenai kenaikan GBP/USD menjadi 1,3 pada akhir Juni tampaknya cukup logis. Fidelity International bahkan mengeluarkan angka 1,4. Namun, ada yang tidak beres dengan pound sejak awal.

Menurut Perdana Menteri Rishi Sunak, perekonomian Inggris telah mengungguli kelompok skeptis dan melampaui negara lain, seperti Jerman. Pakar Bloomberg memperkecil kemungkinan terjadinya resesi meskipun terjadi kontraksi PDB pada bulan Oktober. Indikator ini diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan pada bulan November, sehingga mengimbangi negatif sebelumnya. Kabar baik juga diharapkan dari produksi industri bulan November.

Dinamika peluang resesi di Inggris dan Jerman

GBP/USD masih melihat potensi kenaikan meskipun terhenti pada awal tahun 2024

Bahkan jika penurunan terjadi di Inggris pada kuartal keempat, hal tersebut tidak signifikan. Pada pertemuan bulan Februari, Bank of England kemungkinan akan menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan perkiraan inflasi. Harga konsumen bergerak menuju target 2% lebih cepat dari yang diperkirakan, mendorong Andrew Bailey dan rekan-rekannya meninggalkan retorika mengenai mempertahankan tingkat repo pada tingkat tinggi untuk jangka waktu yang lama.

Sementara itu, pasar berjangka memperkirakan penurunan sebesar 125 basis poin menjadi 4%. Angka ini lebih kecil dibandingkan penurunan suku bunga deposito ECB dan perkiraan suku bunga dana federal Federal Reserve berdasarkan derivatif. Kecepatan pengetatan kebijakan moneter yang lebih lambat di London dibandingkan dengan Frankfurt dan Washington memberi pound keuntungan penting dibandingkan euro dan dolar AS.

Ekspektasi pasar terhadap suku bunga Bank of England

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
GBP/USD masih melihat potensi kenaikan meskipun terhenti pada awal tahun 2024

Meski demikian, Sterling tidak terburu-buru menggunakan kartu trufnya. Alasannya adalah perkiraan pasar yang berlebihan terhadap kemungkinan melemahnya kebijakan moneter Federal Reserve dan meningkatnya permintaan terhadap aset-aset safe-haven di tengah meningkatnya risiko politik di AS dan gempa bumi di Jepang. Kongres harus mengambil keputusan sulit mengenai pengeluaran anggaran untuk mencegah penutupan pemerintah dan memberikan bantuan militer ke Ukraina. Pemilihan presiden sedang dimulai di Amerika. Bulan Januari diperkirakan akan menjadi bulan yang sulit dalam hal politik, dan dolar mungkin akan memanfaatkan keandalannya.

GBP/USD masih melihat potensi kenaikan meskipun terhenti pada awal tahun 2024

Harus diakui bahwa pada bulan Oktober-Desember, pasar terlalu terburu-buru dan menuntut enam tindakan ekspansi moneter dari The Fed pada tahun 2024. Kini, investor merevisi pandangan mereka dan mendukung penurunan pada GBP/USD. Selain itu, data ketenagakerjaan AS memperkuat risiko tidak hanya percepatan perekonomian tetapi juga inflasi di AS.

Secara teknis, pada grafik harian GBP/USD, terdapat kombinasi pola Three Little Indians dan 1-2-3, yang meningkatkan risiko kemunduran ke tren naik. Untuk menjual pasangan ini, masuk akal untuk menggunakan penembusan support di dekat nilai wajar 1.2665.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.