Note

Analisis untuk GBP/USD pada 9 Januari 2024

· Views 29
Analisis untuk GBP/USD pada 9 Januari 2024

Sedangkan untuk pasangan GBP/USD, analisis gelombangnya masih relatif jelas namun terus menjadi lebih kompleks. Pembangunan segmen tren penurunan baru sedang berlangsung, dengan gelombang pertama tampak luas. Gelombang kedua juga ternyata cukup luas, memberikan kita alasan untuk memperkirakan perkembangan gelombang ketiga akan berkepanjangan.

Saat ini, konstruksi gelombang 2 atau b belum sepenuhnya pasti. Kemunduran harga dari puncak baru-baru ini harus lebih besar untuk menjamin dimulainya gelombang 3 atau c. Kenaikan pound Inggris di tengah pertemuan Bank of England dan Federal Reserve menghasilkan pertumbuhan yang signifikan, dan sekarang gelombang 2 atau b sudah menjadi struktur lima gelombang. Namun, gelombang ini tetap merupakan gelombang korektif dan akan segera selesai (atau mungkin sudah selesai). Target penurunan pasangan ini dalam gelombang 3 atau c terletak di bawah angka 1,2039, yang sesuai dengan titik terendah gelombang 1 atau a.

Sayangnya, analisis gelombang cenderung menjadi lebih kompleks, dan latar belakang berita terkadang hanya berhubungan dengan analisis tersebut. Saat ini, saya tidak mengabaikan skenario kerja, tetapi ada bahaya mengubah seluruh struktur gelombang.

Pound Inggris tidak akan jatuh di bawah 1,2627.

Pada hari Selasa, pasangan mata uang GBP/USD mengalami penurunan simbolis sebesar 25 basis poin. Pergerakan ini kecil kemungkinannya menimbulkan ancaman terhadap analisis gelombang saat ini. Pasangan ini, seperti sebelumnya, berada di dekat perkiraan puncak gelombang 2 atau b, yang seharusnya telah menyelesaikan konstruksinya sejak lama. Namun, semakin dekat ke puncak ini dan semakin lama berlangsung, semakin tinggi kemungkinan gelombang ini akan kembali mengambil bentuk yang lebih kompleks dan berkepanjangan. Saya tentu tidak ingin melihat skenario seperti itu, namun pasar mempunyai pendapatnya sendiri.

Tidak ada latar belakang berita yang signifikan hari ini, baik di Inggris maupun Amerika. Hal ini menjelaskan pergerakan pasangan ini yang sangat lemah pada siang hari. Pasar bersedia untuk terus meningkatkan permintaan terhadap pound, namun pasar juga memahami bahwa permintaan terhadap pound tidak dapat terus meningkat tanpa batas waktu tanpa alasan yang kuat. Dalam beberapa hari terakhir, berbagai laporan meragukan kemungkinan penurunan suku bunga FOMC pada bulan Maret (belum lagi bulan Januari). Dan justru faktor inilah yang mendorong pound menguat dalam beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan terakhir.

Saat ini, pasar masih menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Di satu sisi, pihaknya belum ingin menyimpulkan terbentuknya gelombang tren naik. Di sisi lain, tren turun perlu mulai terbentuk karena latar belakang berita semakin mengarah ke bawah dibandingkan ke atas. Kami terus menunggu resolusi.

Kesimpulan Umum:

Gambaran gelombang pada pasangan GBP/USD menunjukkan penurunan. Saya mempertimbangkan untuk menjual pasangan ini dengan target di bawah angka 1,2039 karena gelombang 2 atau b pada akhirnya harus berakhir dan dapat terjadi kapan saja. Sudah ada beberapa tanda penyelesaiannya. Namun, saya tidak menyarankan terburu-buru mengambil kesimpulan dan menjual. Saya akan menunggu upaya yang berhasil untuk menembus angka 1,2627, setelah itu akan lebih mudah untuk mempercayai penurunan pasangan ini lebih lanjut.

Gambarannya mirip dengan pasangan EUR/USD pada skala gelombang yang lebih tinggi, namun masih terdapat beberapa perbedaan. Segmen tren koreksi menurun terus berkembang, dan gelombang kedua telah meluas, mencapai 61,8% retracement Fibonacci dari gelombang pertama. Upaya yang gagal untuk menembus tanda ini dapat menyebabkan dimulainya gelombang 3 atau c.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.