Note

ADHI Lapor Kontrak Baru Tahun 2023 Tembus Rp37,4 Triliun

· Views 36

Pasardana.id – PT Adhi Karya Tbk (IDX: ADHI) meraih kontrak baru senilai Rp37,4 triliun sepanjang tahun 2023, atau naik 58 persen dari capaian tahun 2022  yang tercatat sebesar Rp23,7 triliun.

Sekretaris Perusahaan ADHI, Farid Budiyanto menjelaskan, capaian kontrak baru ini menjadi modal perseroan untuk meningkatkan kontribusi positif bagi pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan dengan terus menerapkan operasional terbaik.

“Kami akan memaksimalkan produktivitas pada proyek-proyek on hand dan disiplin cashflow pada penerapan skema pendanaan yang sesuai dengan profil proyek,” tulis dia dalam keterangan resmi, Rabu (10/1/2024).

Untuk tahun 2024, jelas dia, ADHI akan bersikap berhati-hati dalam pemilihan proyek baru dengan fokus memperkuat pasar Engineering & Construction sesuai basis kompetensi inti perseroan.

“Salah satunya dengan menyasar peluang proyek perkeretaapian sesuai pengalaman ADHI di Proyek LRT Jabodebek dan MRT yang sedang dikerjakan saat ini,” terang dia.

Selain itu, lanjut dia, ADHI juga akan meningkatkan portofolio pangsa pasar baru khususnya proyek-proyek berbasis lingkungan.

Ia merinci, perolehan kontrak baru ADHI tahun 2023 didominasi oleh lini bisnis engineering & construction sebesar 93 persen, sedangkan lini manufaktur sebesar 3 persen, serta sisanya dari lini bisnis property & hospitality dan investasi.

Adapun tambahan kontrak baru ADHI periode Desember 2023 bersumber dari Pekerjaan Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi III di Provinsi Banten, Pekerjaan Pembangunan Gedung Data Center Bank Indonesia di Karawang, serta Proyek di IKN, meliputi Jalan Tol IKN Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang – Kariangau, Rumah Sakit IKN dan Jaringan Pipa Limbah di Kawasan IKN, serta Pekerjaan Pembangunan RS Mandaya Royal Jakarta melalui anak usaha.

Jik dilihat dari tipe pekerjaan, kontribusi terbesar berasal dari pekerjaan jalan & jembatan sebesar 41 persen yang didominasi oleh proyek jalan tol, antara lain: Proyek Tol Jakarta-Cikampek Selatan, Tol Probolinggo-Banyuwangi, Tol IKN Paket 6, Tol IKN Seksi 3A-2 Ruas Karangjoang-Kariangau, dan Tol Bayung Lencir-Tempino

Di tahun 2023, kontrak baru tertinggi diraih Proyek Prasarana Perkeretaapian di Filipina (Paket South Commuter Railway CP S-03C dan Malolos-Clark Railway Project CP S-01) dengan total sesuai porsi ADHI sebesar Rp3,9 Triliun yang dilakukan penandatanganan pada Juli 2023 dengan disaksikan langsung oleh Presiden Filipina.

Kemudian disusul Proyek Tol Jakarta-Cikampek Selatan sebesar Rp2,1 triliun, Proyek Pabrik PUSRI IIIB sebesar Rp 1,4 triliun serta proyek-proyek sarana dan prasarana di IKN.  

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.