Note

Dianggap Lebih Irit, PLN Ubah Tiang Listrik Jadi Tempat Charger Mobil Listrik

· Views 41

Pasardana.id - Untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri, PT PLN (Persero) mengubah tiang listrik jadi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) Untuk kemudahan pengisian daya mobil listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, langkah tersebut sebagai bentuk keseriusan PLN untuk menunjang infrastruktur ekosistem EV.

"Kami sangat serius untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik karena terbukti lebih irit bagi masyarakat dan mampu mengurangi emisi karbon secara signifikan sehingga target net zero emission (NZE) di tahun 2060 bisa dicapai atau bahkan lebih cepat," ujar Darmawan dalam keterangannya, Selasa (9/1).

Keberadaan EV charging tersebut diharapkan dapat menjangkau semua pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya.

"PLN berkomitmen untuk mendukung kokohnya ekosistem EV di tanah air. Melalui beragam inovasi yang terus berkembang, kami berharap masyarakat semakin yakin untuk beralih ke kendaraan listrik karena stasiun pengisiannya makin mudah dijumpai," kata Darmawan.

PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi menghadirkan EV charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN.

Direktur Utama PLN Enjiniring Chairani Rachmatullah menambahkan, saat ini telah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi. Lokasinya berada di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Sementara itu, terdapat dua tipe kapasitas SPKLU PLN EYE, yakni 7 kilowatt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk pole mounted charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun model masuk dalam tiang (tiang besi).

Selanjutnya, akan dilakukan asesmen dan perbaikan sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU pole mounted charging.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.