Note

Prakiraan untuk EUR/USD, 8 Januari 2024

· Views 35

Pada hari Jumat, pasangan EUR/USD mengalami penurunan ke level korektif 61,8% (1,0883), diikuti oleh rebound dan kenaikan menuju level Fibonacci 38,2% (1,0982). Namun, lompatan berikutnya dari level ini menguntungkan mata uang Amerika, mendorong pasangan ini untuk kembali ke level korektif 50,0% (1,0932). Lompatan baru dari level ini hari ini akan menguntungkan euro dan pergerakan ke atas menuju level 1,0982. Sebaliknya, konsolidasi di bawah 1,0932 akan sesuai penguatan dolar AS, berpotensi menyebabkan penurunan menuju level 1,0883.

Prakiraan untuk EUR/USD, 8 Januari 2024

Dinamika gelombang pasar tetap menarik. Wave ke bawah terbaru berakhir tepat di tempat yang sama dengan wave sebelumnya, di dekat level 1,0890. Akibatnya, belum ada penembusan harga terendah sejak 15 Desember. Berdasarkan hal ini, gelombang terus menandakan masih adanya tren "bullish". Meskipun pasangan ini turun 250 poin, masih belum ada indikasi akhir dari tren ini. Jika gelombang ke atas yang baru terbukti lemah dan gagal melampaui puncak dari tanggal 28 Desember, trader mungkin akan menyaksikan tanda pertama dari kesimpulan tren "bullish". Namun, sebelum hal itu terjadi, pasangan mata uang ini dapat naik hingga 250 poin dan membangun serangkaian gelombang naik.

Latar belakang informasi pada hari Jumat sangat kuat. Hal ini bisa saja mendukung bulls dan bears, namun pada akhirnya lebih menyukai bulls. Setelah gelombang ke bawah yang besar dan tidak adanya penembusan di level 1,0890, pembentukan gelombang ke atas adalah hal yang logis. Laporan pengangguran AS menunjukkan tidak ada perubahan pada bulan Desember, dengan nonfarm payrolls mencapai 216 ribu, melampaui perkiraan sebesar 170 ribu. Namun, situasinya bisa menjadi lebih jelas. Angka bulan November direvisi dari 199 ribu menjadi 173 ribu, dan PMI NonManufaktur ISM menurun dari 52,7 menjadi 50,6.

Akibatnya, para trader mungkin mempertimbangkan untuk menjual dolar pada hari Jumat, meskipun bulls mungkin akan terlibat dalam pertikaian lainnya. Wave ke atas yang baru mungkin masih perlu diselesaikan, dan di awal pekan yang baru, kita mungkin mengamati kenaikan lebih lanjut pada pasangan ini.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Prakiraan untuk EUR/USD, 8 Januari 2024

Pada grafik 4 jam, pasangan ini telah berkonsolidasi di bawah level korektif 61,8% (1,0959), menunjukkan potensi penurunan lanjutan menuju level Fibonacci berikutnya di 1,0862. Namun, penurunan ini tidak akan meniadakan koridor tren naik yang masih mencirikan sentimen trader sebagai "bullish". Saya mengantisipasi penurunan signifikan pada euro hanya setelah euro menguat di bawah koridor ini. Sampai saat itu tiba, bulls dapat memulai serangan baru kapan saja.

Laporan COT:

Prakiraan untuk EUR/USD, 8 Januari 2024

Selama minggu pelaporan terkini, spekulan membuka 717 kontrak long dan menutup 1.368 kontrak short. Sentimen trader besar masih "bullish", namun secara umum melemah. Jumlah kontrak long yang terkonsentrasi di tangan spekulan kini berjumlah 212.000, sedangkan kontrak short hanya 92.000. Meskipun terdapat perbedaan yang cukup besar, situasinya akan bergeser ke arah bearish. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang memerlukan latar belakang informasi yang substansial untuk mempertahankan tren "bullish", yang saat ini tidak saya perkirakan. Trader profesional akan segera melanjutkan penutupan posisi long mereka. Angka-angka saat ini memungkinkan berlanjutnya penurunan euro dalam beberapa bulan mendatang.

Kalender Ekonomi Amerika Serikat dan Uni Eropa:

Uni Eropa – Penjualan Ritel (10:00 UTC).

Pada tanggal 8 Januari, kalender ekonomi hanya memuat satu entri yang relatif tidak signifikan. Akibatnya, dampak latar belakang informasi terhadap sentimen trader saat ini mungkin lemah atau tidak ada sama sekali.

Perkiraan untuk EUR/USD dan Rekomendasi Trader:

Peluang penjualan untuk pasangan ini mungkin muncul hari ini jika berkonsolidasi di bawah level 1,0932 pada grafik per jam, menargetkan level 1,0883 dan 1,0823. Peluang beli mungkin bisa dipertimbangkan jika terjadi rebound dari level 1,0932 pada grafik 1-jam dengan target di 1,0982 dan 1,1041. Aktivitas pasar saat ini mungkin akan melemah.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.