Note

Prospek untuk EUR/USD pada 8 Januari. Data Nonfarm menyebabkan reaksi pasar

· Views 36

Analisis EUR/USD pada Grafik 5M

Prospek untuk EUR/USD pada 8 Januari. Data Nonfarm menyebabkan reaksi pasar

EURUSD diperdagangkan dengan positif pada hari Jumat. Namun, bears bertanggung jawab pada awal dan akhir hari, sehingga secara keseluruhan, baik euro maupun dolar tidak dapat memperkuat posisinya. Namun demikian, sekali lagi, euro diperdagangkan secara positif saat tidak diperkirakan akan demikian.

Dari perspektif teknikal, pergerakan hari Jumat cukup mudah diprediksi. Pasangan mata uang ini berada dalam kisaran harga yang terbatas dan kurang lebih tetap berada di dalamnya. Harga telah turun selama sepekan penuh sehingga koreksi bullish tidak dapat dihindari. Kini, kita bisa berharap bahwa cerita ini berakhir pada hari Jumat. Saat ini, harga masih berada di bawah garis-garis kunci indikator Ichimoku sehingga masih dapat turun. Satu-satunya masalah adalah level 1,0889, di mana harga telah memantul dua kali.

Dari perspektif makroekonomi, laporan inflasi zona euro memberikan tekanan pada mata uang tunggal ini karena nilai aktualnya ternyata lebih rendah dari perkiraan. Namun, kita tidak bisa mengatakan hal yang sama untuk laporan AS. Meskipun nilai untuk Non-Farm Payrolls dan pengangguran adalah positif, dolar mengalami penurunan secara signifikan setelah rilis karena para trader, untuk beberapa alasan, menganggap bahwa revisi ke bawah dari nilai untuk bulan Oktober dan November dalam laporan Non-Farm Payrolls lebih penting daripada nilai terbaru untuk bulan Desember. Secara umum, dolar melewatkan kesempatan untuk terus menguat.

Sinyal trading cukup baik, dengan level dan garis kunci dieksekusi dengan hampir sempurna. Selama sesi Eropa, harga menetap di bawah level 1,0935, setelah itu menguji level 1,0889. Para trader dapat memperoleh sekitar 20 pip dengan posisi jual. Pantulan dari level 1,0889 memungkinkan kita untuk membuka posisi beli, dan selanjutnya, harga mencapai Kijun-sen, yang juga memantul dengan sempurna. Tambahan profit sebesar 65 pip. Pemantulan dari garis kritis juga dapat digunakan untuk memasuki trading, dan pada akhir hari, harga kembali ke level 1,0935, memungkinkan untuk mendapatkan profit lain sekitar 30 pip.

Laporan COT:

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Prospek untuk EUR/USD pada 8 Januari. Data Nonfarm menyebabkan reaksi pasar

Laporan COT terbaru tertanggal 2 Januari. Pada paruh pertama tahun 2023, posisi bersih trader komersial hampir tidak meningkat, tetapi euro tetap relatif tinggi selama periode tersebut. Kemudian, euro dan posisi bersih keduanya turun selama beberapa bulan, seperti yang kami perkirakan. Namun, dalam beberapa pekan terakhir, baik euro maupun posisi bersih telah meningkat. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pasangan mata uang ini mengoreksi lebih tinggi, tetapi koreksi tidak dapat bertahan selamanya karena hanya koreksi.

Sebelumnya, kami telah menunjukkan bahwa garis merah dan hijau telah bergerak terpisah secara signifikan satu sama lain, yang seringkali mendahului akhir tren. Saat ini, garis-garis ini bergerak terpisah lagi. Oleh karena itu, kami mendukung skenario di mana euro akan turun dan tren naik harus berakhir. Selama pekan pelaporan terakhir, jumlah posisi beli untuk kelompok trader non-komersial meningkat 700, sementara jumlah posisi jual meningkat 1.300. Akibatnya, posisi bersih meningkat sebesar 2.000. Jumlah kontrak beli masih lebih tinggi daripada jumlah kontrak jual di antara para trader non-komersial, yaitu sebesar 120.000. Selisihnya cukup signifikan, dan bahkan tanpa laporan COT pun, jelas bahwa euro akan terus turun.

Analisis EUR/USD pada Grafik 1H

Prospek untuk EUR/USD pada 8 Januari. Data Nonfarm menyebabkan reaksi pasar

Pada grafik 1 jam, EUR/USD tetap berada di bawah garis Kijun-sen, garis Senkou Span B, sehingga tren turun masih berlanjut. Level 1,0889 saat ini mencegah euro untuk terus turun, tetapi secara keseluruhan, kami terus mendukung penurunan euro yang panjang dan nyata.

Hari ini, kami menganggap bahwa masuk akal untuk memperkirakan pasangan mata uang ini akan turun ke level 1,0889. Karena ini adalah hari Senin, volatilitas cenderung rendah, jadi 45 pip adalah jarak yang signifikan bagi para trader. Bahkan, jika EUR/USD memulai pergerakan naik, kami tidak akan menganggapnya sebagai awal dari tren naik yang baru.

Pada 8 Januari, kami menyoroti level-level berikut untuk trading: 1,0658-1,0669, 1,0757, 1,0818, 1,0889, 1,0935, 1,1006, 1,1092, 1,1137, 1,1185, 1,1234, 1,1274, dan juga garis-garis Senkou Span B (1,1024) dan Kijun-sen (1,0961) .Garis-garis indikator Ichimoku dapat bergeser sepanjang hari, jadi hal ini harus diperhitungkan ketika mengidentifikasi sinyal trading. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss di titik breakeven jika harga telah bergerak ke arah yang dituju sebanyak 15 pip. Ini akan melindungi Anda dari potensi kerugian jika sinyal ternyata palsu.

Pada hari Senin, kita hanya dapat menyoroti data penjualan ritel zona euro. Kalender ekonomi AS kosong. Oleh karena itu, kami memperkirakan pergerakan turun yang lemah.

Penjelasan grafik:

Level support dan resistance adalah garis merah tebal di dekat mana tren dapat berakhir. Garis-garis ini tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis-garis indikator Ichimoku, yang diplot pada jangka waktu 1 jam dari 4 jam. Garis-garis ini memberikan sinyal trading;

Level-level ekstrem adalah garis merah tipis dari mana harga memantul sebelumnya. Garis-garis ini memberikan sinyal trading;

Garis kuning adalah garis tren, channel tren, dan pola teknikal lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk kelompok trader Non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.