Note

Anak usaha SGER Akan IPO Incar Dana Hingga Rp183 Miliar

· Views 38

Pasardana.id - PT Sumber Mineral Global Abadi Tbk akan melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dengan melepas sebanyak 1,75 miliar saham.

Mengutip prospektus ringkas calon emiten perdagangan nikel dan batu bara ini pada laman e-IPO, Senin (8/1/2024), bahwa jumlah saham yang dilepas setara dengan 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Anak usaha PT Sumber Global Energy Tbk (IDX: SGER) itu akan melakukan penawaran awal dalam rentang harga Rp100 - Rp105 per saham mulai tanggal 8 Januari hingga 11 Januari 2024.

Sehingga nilai IPO berkisar Rp175 miliar hingga Rp183,75 miliar.

Jika mengutip laman idx.co.id, SGER tercatat mengguasai 199.684 saham atau 90 persen porsi kepemilikan saham pada calon emiten baru itu.  

Keterangan lainnya, pedagang batu bara di pasar ekspor dan domestik dengan sistem pemasok batu bara satu atap yang sistematis dari kegiatan perdagangan, pengangkutan, hingga pengiriman.

Disamping itu, perseroan juga memegang tiga IUP – OPK (Operasi Produksi Khusus) masing-masing atas nama Perseroan sendiri untuk pengangkutan dan penjualan komoditas mineral logam, komoditas batu bara, dan komoditas mineral bukan logam.

Saat ini, Perseroan lebih berfokus pada nikel dan batu bara yang berkualitas tinggi dengan kadar sebesar 1,5 perse – 1,9 persen untuk nikel dan kalori sebesar 3.400 – 5.300 kka/kg (ARB) untuk batu bara.

Selain itu, perseroan secara tidak langsung menjalankan usaha pertambangan melalui penyertaannya pada PT Jasatama Mandiri Sukses (JMS) yang bergerak di bidang pertambangan batu gamping.

JMS telah mendapatkan persetujuan peningkatan IUP ke tahap kegiatan operasi produksi pada Juli 2023 dengan masa berlaku 20 tahun hingga Juli 2043.

Tahap kegiatan operasi produksi meliputi kegiatan konstruksi, penambangan, pengolahan dan/atau pemurnian atau pengembangan dan/atau pemanfaatan, serta pengangkutan dan penjualan.

Kegiatan pertambangan JMS berlokasi pada Kecamatan Bungku Pesisir, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah dengan luas wilayah 85,73 Ha dan berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan oleh JMS, cadangan (reserves) batu gamping yang dimiliki oleh JMS saat ini adalah sebesar 300 juta ton dengan perkiraan usia tambang sekitar 150 tahun.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.