Note

Program Ganjar-Mahfud: Industri Pertahanan SAKTI-Prajurit Sejahtera

· Views 25
Program Ganjar-Mahfud: Industri Pertahanan SAKTI-Prajurit Sejahtera
Foto: Pradita Utama
Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat ketiga Pilpres 2024 dengan tema terkait keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Debat ini akan diselenggarakan pada Minggu 7 Januari 2023, pukul 19.00 WIB di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Debat kali ini diikuti Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Rencananya debat berlangsung dalam durasi waktu 150 menit, di mana 120 menit untuk debat calon presiden dan 30 menit untuk jeda iklan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada debat Pilpres kali ini tentu masing-masing calon telah mempersiapkan diri dengan baik dan matang. Hal ini juga tercermin dalam buku Visi, Misi dan Program Kerja yang sudah dibagikan masing-masing pasangan calon (paslon).

Secara khusus untuk paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md, tema debat Pilpres kali ini terdapat dalam Misi 8 paslon yang bertajuk 'Mempercepat Peningkatan Peran Indonesia dalam Mewujudkan Tata Dunia Bari yang Lebih Berkeadilan Melalui Politik Luar Negeri Bebas Aktif dan Memperkuat Pertahanan Negara'.

Berikut program kerja Ganjar Pranowo dan Mahfud Md yang terkait tema debat ke-3 Pilpres 2024

Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara

1. Berperan Sentral dalam Menata Dunia Baru

- Koeksistensi Geopolitik Progresif
Menjalankan politik bebas aktif dengan prinsip Dasasila Bandung untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Memperkuat pelibatan global Indonesia yang otonom dalam forum bilateral dan multilateral dalam memperjuangkan perdamaian dunia. Memperkuat komitmen untuk mendukung perjuangan pergerakan rakyat Palestina.

- Perjanjian Internasional 100% untuk Kepentingan Nasional
Memastikan bahwa seluruh perjanjian yang dibuat harus mengutamakan produk dalam negeri, meningkatkan daya saing perekonomian nasional, mengedepankan isu-isu strategis dan kekinian, serta memastikan perlindungan segenap rakyat Indonesia.

- Kedutaan Besar Ujung Tombak Pelayanan WNI
Memperkuat diplomasi dan kedutaan besar sebagai ujung tombak ekspor, perlindungan PMI, dan pelayanan WNI di luar negeri yang responsif.

2. Kedaulatan NKRI dengan Sistem Pertahanan 5.0

- Modernisasi Pertahanan SAKTI
Transformasi pertahanan berdasarkan doktrin Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA) untuk membentuk Kekuatan Pertahanan Indonesia dilengkapi dengan alutsista SAKTI (Perkasa dengan Keunggulan Teknologi 5.0), serta memperkuat kemampuan untuk melindungi tanah air NKRI dengan modernisasi alutsista dan memperkuat kemampuan dalam menghadapi ancaman dan tantangan.

- Prajurit Sejahtera
Menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar prajurit dan keluarga yang ditopang dengan rawatan dan layanan kedinasan yang berkualitas di seluruh penjuru Nusantara.

- Industri Pertahanan Keamanan Kelas Dunia
Mendorong kemandirian sebagai bagian dari rantai pasok global untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan yang akan memperkuat proses alih teknologi, pembangunan kekuatan pertahanan, konektivitas nasional, dan penguatan daya gentar.

- Benteng Pertahanan Nusantara
Mengembangkan kemampuan proyeksi strategis dengan mengembangkan strategi anti akses dan penangkalan wilayah untuk mengamankan kedaulatan teritorial dan pelaksanaan hak berdaulat di ZEE, terutama di koridor navigasi maritim dan landas kontinen, ruang dirgantara dan antariksa Indonesia.

- Perisai Siber Nusantara
Meningkatkan kemampuan siber pada era komputer kuantum dan perkembangan kecerdasan buatan dengan memperkuat BSSN sebagai lembaga utama keamanan siber serta mendorong pembentukan Angkatan Siber TNI.

(hns/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.