Note

EUR/USD. 5 Januari. Laporan inflasi di AS menetapkan nada untuk perdagangan hari Jumat

· Views 43

Pada hari Kamis, pasangan EUR/USD mengamankan dirinya di atas level korektif 50,0% (1,0932), yang memungkinkannya mengantisipasi kelanjutan pertumbuhan menuju level korektif berikutnya di 38,2% (1,0982). Bull tidak dapat mencapai level ini kemarin, tetapi hari ini, rebound dari level 1,0932 kembali akan memberikan harapan bagi kebangkitan mata uang Eropa. Jika pasangan mata uang ini mempertahankan jalurnya di atas titik 1,0932, hal ini akan menguntungkan mata uang AS dan kelanjutan penurunan menuju level Fibonacci di 61,8% (1,0883) dan seterusnya.

EUR/USD. 5 Januari. Laporan inflasi di AS menetapkan nada untuk perdagangan hari Jumat

Kondisi wave menjadi lebih menarik. Wave menurun terbaru telah berakhir tepat di tempat wave sebelumnya berakhir (di sekitar level 1,0890). Dengan demikian, belum ada breakout harga terendah sejak tanggal 15 Desember. Berdasarkan hal tersebut, wave terus menandakan masih adanya tren bullish. Tidak ada tanda-tanda berakhirnya tren ini meskipun pasangan ini turun 250 pip. Jika wave naik yang baru ternyata lemah dan tidak menembus puncak dari tanggal 28 Desember, trader akan menerima sinyal pertama berakhirnya tren naik. Namun, sebelum hal ini terjadi, pasangan ini mungkin akan bergerak hingga 250 poin dan membangun serangkaian wave naik.

Latar belakang informasi pada hari Kamis cukup menarik. Di Amerika Serikat, data klaim pengangguran awal dan lanjutan telah dirilis, serta laporan ADP, yang menunjukkan terciptanya 164.000 lapangan kerja baru dibandingkan perkiraan 115.000. Namun, dolar perlu mendapat dukungan kuat dari data ini. Saat ini, laporan akan menjadi lebih kuat dan lebih penting. Di Uni Eropa, laporan inflasi bulan Desember akan menjadi yang pertama dirilis. Menurut para pakar, Indeks Harga Konsumen diperkirakan akan meningkat menjadi 3,0% y/y, yang dapat mendukung bull, karena ECB mungkin menunda penurunan suku bunga pertama hingga paruh kedua tahun 2024. Inflasi mungkin akan semakin meningkat, melebihi 3%, yang akan semakin meningkatkan pembeli.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD. 5 Januari. Laporan inflasi di AS menetapkan nada untuk perdagangan hari Jumat

Di chart 4 jam, pasangan ini telah mengamankan dirinya di bawah level korektif di 61,8% (1,0959), yang memungkinkan antisipasi penurunan lebih lanjut menuju level Fibonacci berikutnya di 50,0% (1,0862). Namun, penurunan ini tidak akan membatalkan channel tren naik, yang masih menggolongkan sentimen trader sebagai "bullish." Saya hanya memperkirakan euro akan mengalami penurunan yang kuat setelah euro mengamankan diri di bawah koridor tersebut. Sampai saat itu tiba, bull dapat memulai serangan baru kapan saja.

Laporan Commitments of Traders (COT):

EUR/USD. 5 Januari. Laporan inflasi di AS menetapkan nada untuk perdagangan hari Jumat

Pada pekan pelaporan sebelumnya, spekulan membuka 3.117 kontrak long dan 318 kontrak short. Sentimen trader besar masih "bullish", tetapi kembali melemah. Jumlah kontrak long yang terkonsentrasi di tangan spekulan kini berjumlah 211.000, sedangkan kontrak short hanya berjumlah 94.000. Meskipun terdapat selisih yang signifikan, situasinya akan bergeser ke arah bearish. Bull telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka membutuhkan berita kuat untuk mempertahankan tren bullish. Saya tidak melihat berita seperti itu saat ini. Trader profesional dapat segera melanjutkan penutupan posisi long. Angka-angka saat ini memungkinkan berlanjutnya penurunan euro dalam beberapa bulan mendatang.

Kalender Ekonomi AS dan UE:

UE - Indeks Harga Konsumen (10:00 UTC).

AS - Perubahan Nonfarm Payroll (13.30 UTC).

AS - Tingkat Pengangguran (13:30 UTC).

AS - Perubahan Penghasilan Per Jam Rata-rata (13:30 UTC).

AS - Indeks Aktivitas Bisnis Jasa ISM (15:00 UTC).

Pada tanggal 5 Januari, kalender ekonomi memuat beberapa entri menarik, dengan sorotan utama adalah laporan Nonfarm Payrolls di Amerika Serikat. Oleh karena itu, dampak informasi terhadap sentimen trader saat ini dapat menjadi signifikan.

Prakiraan untuk EUR/USD dan Rekomendasi Trader:

Penjualan mungkin terjadi hari ini jika pasangan ini mengamankan dirinya di bawah level 1,0932 pada chart per jam, dengan target di 1,0883 dan 1,0823. Peluang beli bisa dipertimbangkan jika terjadi rebound dari level 1,0932 di chart 1 jam, dengan target di 1,0982 dan 1,1041. Berhati-hatilah saat rilis laporan Eropa dan Amerika.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.