Note

Kecelakaan Kereta di Cicalengka, KAI akan Beri Kompensasi ke Penumpang yang Batal Berangkat

· Views 34
Kecelakaan Kereta di Cicalengka, KAI akan Beri Kompensasi ke Penumpang yang Batal Berangkat
PT KAI akan memberikan kompensasi penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api (KA) bagi para penumpang. (Agung Bakti Sarasa/MPI)

IDXChannel - PT Kereta Api (Persero) atau KAI akan memberikan kompensasi penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api (KA) bagi para penumpang.

Hal ini merupakan imbas dari insiden kecelakaan kereta api di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat (Jabar) Jumat (5/1/2024).

Baca Juga:
Kecelakaan Kereta di Cicalengka, KAI akan Beri Kompensasi ke Penumpang yang Batal Berangkat Korban Meninggal akibat Kecelakaan Kereta di Cicalengka Jadi 4 Orang, 2 Belum Dievakuasi

"Sehubungan dengan terjadinya rintang jalan pada petak jalan Haurpugur - Cicalengka, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang," kata Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Jumat (5/1/2024). 

Dia menambahkan, bila penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan ataupun di tengah perjalanan karena terjadi rintang jalan yang menyebabkan penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api, maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pesan. 

Baca Juga:
Kecelakaan Kereta di Cicalengka, KAI akan Beri Kompensasi ke Penumpang yang Batal Berangkat 28 Penumpang Terluka akibat Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Bandung

Dalam hal terjadi penundaan keberangkatan kereta api di stasiun keberangkatan yang diperkirakan akan berlangsung satu jam atau lebih dan penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya, maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pesan.

Lalu, penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya dikarenakan menolak untuk menggunakan kereta api dengan rute lain atau memutar, maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pesan. 

Selanjutnya, stasiun tujuan penumpang menjadi tidak terlewati oleh kereta api dengan rute memutar, maka perusahaan sedapat mungkin menyediakan moda angkutan terusan, jika tidak disediakan moda terusannya maka bea tiket dikembalikan 100 persen di luar bea pesan.

“KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA yang terjadi,” katanya. 

Upaya KAI adalah melakukan evakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain. 

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.