Note

Debut Perdana, Saham Asri Karya (ASLI) Melonjak 25 Persen

· Views 33
Debut Perdana, Saham Asri Karya (ASLI) Melonjak 25 Persen
Debut Perdana, Saham Asri Karya (ASLI) Melonjak 25 Persen  (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Asri Karya Lestari Tbk (ASLI) resmi melakukan pencatatan perdana (listing) saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Jumat (5/1/2024). 
Debut diperdagangkan di bursa saham nasional, harga ASLI langsung tancap gas menuju level Rp125, melonjak 25 persen dari harga perdana sebesar Rp100 per saham.

Hingga pukul 09.05 WIB, harga saham perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur ini berada di level Rp104 per saham, atau naik empat persen.

Baca Juga:
Debut Perdana, Saham Asri Karya (ASLI) Melonjak 25 Persen Listing Perdana di 2024, Saham IPO Asri Karya (ASLI) Diborong Investor

Volume saham yang diperdagangkan tercatat sebanyak 233,17 juta saham, dengan nilai transaksi mencapai Rp24,06 miliar. Sedangkan frekuensinya sebanyak 13.341 kali.

"Menjadi perusahaan tercatat adalah sebuah kebanggaan dan pencapaian strategis bagi kami. Ini adalah momentum untuk meningkatkan ekspansi usaha, kepastian pendanaan, tata kelola dan prinsip keterbukaan yang lebih baik," ujar Direktur Utama ASLI, Sudjatmiko, pasca seremoni listing, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga:
Debut Perdana, Saham Asri Karya (ASLI) Melonjak 25 Persen Besok Listing, Intip Kinerja Keuangan Asri Karya (ASLI)

Dalam penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), perseroan menawarkan sebanyak 1,25 miliar saham atau 20,00% dari total modal ditempatkan dan disetor.

Perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor ini akan menggunakan sebesar 50,79 persen dana hasil IPO sebagai setoran modal pada anak perusahaan perseroan yaitu PT Bumi Prima Konstruksi dan PT Manyar Perkasa Mandiri.

Baca Juga:
Debut Perdana, Saham Asri Karya (ASLI) Melonjak 25 Persen Laris-Manis, Saham Asri Karya Lestari (ASLI) Oversubscribed hingga 70,89x

Secara rinci akan digunakan oleh PT Bumi Prima Konstruksi untuk pembelian Crawler Crane 250 ton sebanyak satu unit, Rotary Drilling Rig sebanyak satu unit, Mobile Crane 50 ton sebanyak satu unit, Trailer 40 feet kapasitas 50 ton sebanyak tiga unit, Dolly Trailer Truck kapasitas 80 ton sebanyak satu unit, serta pembelian Foco Crane kapasitas 10 ton sebanyak satu unit.

Kemudian, sekitar 43,75 persen akan digunakan oleh PT Manyar Perkasa Mandiri untuk pembangunan batching plant dan pembelian mesin. Secara rinci, akan digunakan untuk pembangunan batching plant yang akan dibangun di Lengkong, Subang, serta digunakan untuk pembelian satu unit mesin fabrikasi batching plant. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.