Note

Apa yang dikatakan notulen Fed?

· Views 25

Pasangan euro-dolar bereaksi lemah terhadap notulen pertemuan Desember Federal Reserve. Dokumen yang dirilis memang tidak membawa sensasi tetapi mencerminkan sentimen umum yang mendominasi Komite Pasar Terbuka. Sentimen ini cukup dovish, yang menghentikan penurunan pasangan EUR/USD dan memulai reli naiknya setelah publikasi notulen tersebut.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Apa yang dikatakan notulen Fed?

Notulen tersebut mengingatkan para trader tentang perpecahan posisi yang akan datang antara Fed dan ECB, dan pengingat ini memberikan tekanan tertentu pada greenback. Tentu saja, banyak akan bergantung pada dinamika inflasi di zona euro (angka Desember yang akan kita pelajari besok, 5 Januari) – jika indeks harga konsumen melambat lebih dari yang diharapkan, sikap "moderat hawkish" ECB untuk mempertahankan suku bunga setidaknya sampai Juni-Juli bisa melunak.

Namun, jika kita menilai situasi saat ini, latar belakang fundamental secara keseluruhan tidak mendukung penguatan mata uang Amerika, dan karenanya, tidak mendukung pengembangan gerakan menurun yang berkelanjutan dari EUR/USD. Impuls menurun dua hari terakhir disebabkan oleh penguatan sentimen anti-risiko. Pasar bereaksi terhadap indeks PMI yang lemah untuk sektor manufaktur China, yang pertama-tama tetap berada di zona kontraksi (49,0) dan, kedua, berada di zona merah (diprediksi tumbuh menjadi 49,8 poin). Selain itu, peristiwa terbaru di Timur Tengah, di tengah kemungkinan perang antara Israel dan Hezbollah, memainkan peran dalam memperkuat sentimen anti-risiko.

Tapi mari kembali ke notulen yang dipublikasikan kemarin, yang, bisa dikatakan, membawa bull dolar kembali ke bumi. Ingat, pertemuan Fed Desember adalah yang paling lunak dalam dua tahun terakhir. Regulator menyatakan dengan jelas bahwa kenaikan suku bunga bukan lagi skenario dasar Bank Sentral. Secara bersamaan, Bank Sentral mencatat pertumbuhan dalam sentimen dovish di antara anggota Fed. Pada konferensi pers akhir, Jerome Powell mengakui bahwa isu pelonggaran kebijakan moneter akan menjadi "topik utama diskusi" dalam waktu dekat.

Selain itu, para trader terkejut dengan dot plot yang diperbarui. Menurut perkiraan awal, regulator itu seharusnya memperkirakan pemotongan suku bunga 50 basis poin untuk 2024. Tetapi grafik mencerminkan kemungkinan penurunan sebesar 75 basis poin. Menurut ketua Fed, anggota Komite sekarang fokus untuk tidak membuat kesalahan dengan mempertahankan suku bunga terlalu tinggi dalam jangka waktu yang terlalu lama, mengingat harapan perlambatan pertumbuhan ekonomi dan adanya kemajuan nyata dalam perang melawan inflasi.

Protokol pertemuan ini tidak mungkin melampaui hasil sebenarnya dari pertemuan Desember dalam hal pesan dovish. Ini menjelaskan reaksi pasar yang relatif lemah terhadap rilis tersebut. Namun, beberapa momen di sini layak mendapat perhatian.

Dengan demikian, menurut teks dokumen, hampir semua peserta Komite berpikir bahwa suku bunga federal funds yang lebih rendah akan dapat diterima pada akhir tahun (2024). Selain itu, anggota Fed menyatakan kekhawatiran tentang seberapa lama ekonomi dapat menahan tingkat suku bunga saat ini. Pada saat yang sama, regulator menekankan bahwa risiko inflasi menurun.

Di satu sisi, notulen tidak menjawab pertanyaan utama kapan tepatnya Bank Sentral akan mulai melonggarkan kebijakan moneter. Di sisi lain, dokumen tersebut mencerminkan pendapat dominan bahwa inflasi terkendali, serta meningkatnya kekhawatiran tentang risiko ekonomi jika suku bunga dipertahankan pada level saat ini untuk waktu yang terlalu lama.

Perlu dicatat bahwa pertemuan Desember Fed berlangsung sebelum publikasi indeks inti PCE, yang keluar di zona merah, mencerminkan perlambatan inflasi. Pada bulan November, indeks pengeluaran konsumsi pribadi inti turun menjadi 3,2% year-on-year (dengan perkiraan penurunan menjadi 3,3%), mencapai titik terendah multi-bulan (tingkat pertumbuhan terlemah sejak April 2021). Oleh karena itu, rilis hari ini juga harus dipertimbangkan dalam konteks keadaan ini.

Namun, jika kita berbicara tentang kesimpulannya—apa yang dikatakan notulen Fed kepada kita? Notulen pertemuan Desember sekali lagi mengingatkan peserta pasar tentang sentimen dovish Fed. Tetapi tidak ada, bisa dikatakan, di luar itu. Perlu ditekankan bahwa peran kunci dalam menentukan waktu pemotongan suku bunga akan dimainkan oleh laporan inflasi, yang akan diterbitkan bulan ini dan Februari. Jika indikator utama terus turun, kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter pada pertemuan Fed Maret akan meningkat menjadi 80-90%. Notulen yang diterbitkan dalam hal ini tidak memberi tahu kita mengenai hal yang baru—dokumen tersebut, pada dasarnya, hanya mengulangi tesis yang sudah disuarakan.

Mengingat fakta ini, dapat diasumsikan bahwa dampak "notulen" terhadap dinamika EUR/USD akan terbatas. Secepat mungkin, fokus akan beralih ke laporan tentang pertumbuhan inflasi di zona euro dan, tentu saja, Nonfarm Payrolls. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mempercayai kenaikan pasangan saat ini – kemungkinan, harga akan berada di sekitar level 1.0950, tetap dalam kisaran angka 9. Menjelang publikasi laporan kunci minggu ini, trader EUR/USD kemungkinan tidak akan berani membuka posisi besar – baik ke atas maupun ke bawah.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.