Note

Zulhas Pastikan Mobil Daihatsu Diduga Manipulasi Uji Keselamatan Tak Masuk RI

· Views 47
Zulhas Pastikan Mobil Daihatsu Diduga Manipulasi Uji Keselamatan Tak Masuk RI
Foto: Aulia Damayanti/detik.com
Jakarta

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas memastikan mobil-mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang diproduksi di Indonesia terjamin aman dan sudah melalui pengujian kendaraan bermotor sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan.

Keterangan itu menjawab terkait dengan ramainya skandal uji keselamatan produk mobil oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Ada sejumlah mobil di Indonesia yang diduga masuk dalam daftar yang tidak lolos uji keselamatan.

"Jadi yang dipermasalahkan itu tidak diproduksi di sini, tidak masuk ke Indonesia. Jadi aman," ujar dia dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Kamis (4/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perlindungan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kemendag Moga Simatupang mengatakan pihaknya telah mendapatkan klarifikasi dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Moga mengatakan berdasarkan informasi dari ADM, Toyota Raize hybrid dan Daihatsu Rocky hybrid yang diduga masuk skandal uji keselamatan tidak diproduksi di Indonesia.

"Terkait dengan isu Daihatsu yang beredar informasi dari Jepang kita klarifikasi dengan Astra Daihatsu Motor Indonesia dengan eksekutif office. Di situ disampaikan bahwa untuk hybrid Rocky dan Raize itu kita diproduksi di Indonesia," jelasnya.

Moga juga memastikan mobil yang diproduksi di Indonesia telah lulus pengujian seusai dengan aturan pemerintah. "Sedangkan produksi Daihatsu di Indonesia itu sudah memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan nomor 33 tahun 2018 tentang pengujian kendaraan bermotor," pungkas dia.

Sebelumnya, Moga mengatakan pihaknya telah meminta PT ADM lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia agar aman digunakan oleh konsumen Indonesia.

"Sebagai ketegasan pemerintah dalam perlindungan konsumen, Kementerian Perdagangan akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha akan pentingnya keamanan dan keselamatan produk yang diperdagangkan," ujar Moga dalam keterangannya, Sabtu (30/12/2023).

Kemudian, Executive Officer, Corporate Function Directorate PT ADM Johan memastikan, semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan serta memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, pengiriman domestik sudah dilakukan mulai 22 Desember 2023, Kemudian, PT ADM juga telah kembali melakukan pengiriman secara normal mulai 26 Desember 2023 ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor yang telah memberikan konfirmasi karena telah disetujui otoritas negara tujuan ekspor.

"Produk-produk Daihatsu di Indonesia telah memenuhi syarat teknis keselamatan dan keamanan sesuai dengan standar ketentuan di Indonesia. Selain itu, produk yang diisukan tersebut dapat dipastikan tidak diperdagangkan di Indonesia," ungkap Johan.

Dikutip dari detikOto, beberapa hari lalu Daihatsu baru menerima hasil investigasi komite independen terkait dengan penyimpangan prosedur. Dari hasil investigasi itu ditemukan ada 174 kasus baru pada 25 jenis pengujian. Ini berbeda dari temuan penyimpangan pada door trim dan uji tabrak pada Mei 2023.

Dalam investigasi itu, ditemukan adanya penyimpangan prosedur pada 64 model dan 3 mesin pada merek Daihatsu, Toyota, Mazda, dan Subaru. Tak cuma di pasar Jepang, penyimpangan prosedur itu juga ditemui di Indonesia lewat mobil yang diproduksi di PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Lalu, dalam dokumen yang dirilis Daihatsu juga, model yang diduga terlibat dalam skandal ini dan dijual di Indonesia adalah Xenia. Sedangkan dari merek Toyota untuk pasar Indonesia ada Avanza dan Veloz.

(ada/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.