Note

Dihantam Skandal Manipulasi Uji Keselamatan, Astra Daihatsu Motor Buka Suara

· Views 38
Dihantam Skandal Manipulasi Uji Keselamatan, Astra Daihatsu Motor Buka Suara
Foto: Ari Saputra
Jakarta

Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Erlan Krisnaring Cahyono buka suara soal skandal manipulasi uji keselamatan Daihatsu Motor Co., Ltd. di Jepang. Ia memastikan kendaraan yang diprotiksi PT ADM tidak memiliki masalah kualitas.

"Kami bersama prinsipal telah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas, keselamatan, dan memenuhi regulasi yang berlaku dan beroperasi secara normal sesuai dengan rencana produksi," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (4/1/2023).

Menurutnya ADM juga sudah mengeluarkan pernyataan yang menjelaskan tidak ada penutupan pabrik di Indonesia. Selain itu produksi dan distribusi kendaraan Daihatsu di Indonesia tetap berjalan normal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Produksi dan distribusi kendaraan Daihatsu di Indonesia tetap berjalan normal. Demikian pula untuk ekspor telah kembali dilakukan mulai tanggal 26 Desember 2023, setelah mendapatkan konfirmasi dari otoritas di negara tujuan ekspor," jelasnya.

Sebelumnya, dikutip dari detikOto, beberapa waktu lalu Daihatsu baru menerima hasil investigasi komite independen terkait dengan penyimpangan prosedur. Dari hasil investigasi itu ditemukan ada 174 kasus baru pada 25 jenis pengujian. Ini berbeda dari temuan penyimpangan pada door trim dan uji tabrak pada Mei 2023.

Dalam investigasi itu, ditemukan adanya penyimpangan prosedur pada 64 model dan 3 mesin pada merek Daihatsu, Toyota, Mazda, dan Subaru. Tak cuma di pasar Jepang, penyimpangan prosedur itu juga ditemui di Indonesia lewat mobil yang diproduksi di PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Lalu, dalam dokumen yang dirilis Daihatsu juga, model yang diduga terlibat dalam skandal ini dan dijual di Indonesia adalah Xenia. Sedangkan dari merek Toyota untuk pasar Indonesia ada Avanza dan Veloz.

Daihatsu kemudian memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman di pasar Jepang dan juga global. Diketahui di pasar global, jenama asal Jepang ini hanya memasarkan mobil di Indonesia dan Malaysia. Saat dikonfirmasi, PT ADM memastikan bahwa kendaraan yang diproduksi di Indonesia tak bermasalah baik dari sisi kualitas maupun keamanannya.

Simak juga Video: 14th SATU Indonesia Awards 2023

[Gambas:Video 20detik]



(ily/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.