Note

Nusantara Infrastructure (META) Akuisisi Pemilik PLTM Lau Gunung Senilai Rp45,17 M

· Views 45
Nusantara Infrastructure (META) Akuisisi Pemilik PLTM Lau Gunung Senilai Rp45,17 M
Nusantara Infrastructure (META) Akuisisi Pemilik PLTM Lau Gunung Senilai Rp45,17 M (foto: MNC media)

IDXChannel - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) baru saja merampungkan akuisisi 496.645 saham, atau setara 38,77 persen milik PT Pembangunan Perumahan Energi (PPE), yang ditempatkan dan disetor dalam PT Inpola Meka Energi (IME).

Proses akuisisi dilakukan melalui salah satu entitas anak usaha META, yaitu PT Energi Infranusantara (EI), yang juga sekaligus merupakan induk usaha dan pemegang saham untuk seluruh unit pembangkit tenaga listrik dan infrastruktur penyediaan tenaga listrik di bawah naungan grup META.

Baca Juga:
Nusantara Infrastructure (META) Akuisisi Pemilik PLTM Lau Gunung Senilai Rp45,17 M Anak Usaha Nusantara Infrastructure (META) Raih Pinjaman Rp230 Miliar

Sementara, PT PPE sendiri adalah pemegang 38,77 persen saham dalam PT Inpola Meka Energi, yang notabene merupakan pemilik konsesi Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) di Lau Gunung, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

PLTM Lau Gunung adalah penyedia tenaga listrik dengan kapasitas 2 x 5 megawatt, yang telah beroperasi sejak 21 Desember 2020 lalu.

Baca Juga:
Nusantara Infrastructure (META) Akuisisi Pemilik PLTM Lau Gunung Senilai Rp45,17 M BEI Buka Sementara Suspensi META, Ada Crossing Saham Rp3,1 Triliun

"Penandatanganan Akta Jual Beli Saham oleh dan antara EI dan PPE merupakan kelanjutan dari penandatanganan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) tertanggal 24 November 2023, yang dibuat di bawah tangan terkait dengan 100% saham dalam IME," ujar Sekretaris Perusahaan META, Dahlia Evawani, dalam keterbukaan informasi, di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (3/1/2024).

Eva menjelaskan, nilai transaksi yang harus dibayar oleh EI kepada PPE yaitu sebesar Rp45,17 miliar. Pembayaran transaksi ini akan tunduk pada ketentuan PPJB yang telah ditandatangani.

Baca Juga:
Nusantara Infrastructure (META) Akuisisi Pemilik PLTM Lau Gunung Senilai Rp45,17 M Dharma Polimetal (DRMA) Optimistis Omzet Akhir 2023 Naik 40 Persen

Pelaksanaan transaksi, lanjut Eva, berpotensi menambah aset dan ekuitas perseroan. Dalam hal ini, META meyakini transaksi yang dilakukan akan memberikan dampak positif dan tidak memberikan dampak negatif material yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha dan pertumbuhan perseroan secara material.

"Karena hingga saat ini, perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang memadai untuk menjalankan kegiatan operasional perseroan," tegas Eva. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.