Note

Pergantian Jembatan CH di Jateng Demi Tingkatkan Layanan Logistik

· Views 40

Pasardana.id - Penggantian atau duplikasi 6 jembatan Callender Hamilton (CH) di lintas utara Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dilakukan demi meningkatkan layanan logistik.

Hal tersebut diungkap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Rabu (3/1).

"Konektivitas antar kawasan perlu terus dijaga bahkan ditingkatkan, salah satunya dengan penggantian jembatan yang sudah berumur tua agar aliran barang, jasa, dan manusia bisa lebih lancar dan efisien," ujar Basuki.

Dia menambahkan, penggantian/duplikasi jembatan Callender Hamilton juga dapat meningkatkan layanan transportasi jalan, khususnya dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan jalan nasional lintas Jawa Tengah-Jawa Barat.

"Dengan konektivitas yang baik, diharapkan pertumbuhan ekonomi kawasan juga meningkat," sambungnya.

Penggantian jembatan Callender Hamilton di Provinsi Jawa Tengah karena rata-rata usia layanannya sudah lebih dari 40 tahun.

Keenam jembatan yang selesai dibangun seluruhnya berada di Lintas Utara Jawa Tengah, yakni jembatan Pemali Brebes B sepanjang 110 meter membentang di ruas Jalan Raya Pantura dan jembatan Pedes B sepanjang 60 meter di ruas Prupuk-Batas Tegal di Kabupaten Brebes.

Kemudian jembatan Kalibanger A sepanjang 30 meter di Jalan Raden Patah, Kemijen Kota Semarang.

Selanjutnya jembatan Wonokerto IIA sepanjang 60 meter di Jalan Pantura Kabupaten Demak, jembatan Juana IA sepanjang 100 meter berada di jalur Pantura Kabupaten Pati, dan jembatan Pang I sepanjang 50 meter di Kabupaten Rembang.

Keenam jembatan tersebut, sebelumnya merupakan jembatan rangka baja bertipe CH yang rata-rata dibangun tahun 1970-an atau sudah melewati usia layanan (50 tahun) dan rentan runtuh karena beban logistik/angkutan berukuran berat.

Setelah dilakukan penggantian/duplikasi, keenam jembatan tersebut saat ini bertipe konstruksi Steel Box Girder (SBG)-continuous dan Steel I Girder dengan masa layanan yang lebih kuat dan tahan lama.

Penggantian/duplikasi jembatan CH merupakan salah satu proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dengan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai penjamin dengan masa pelaksanaan 2021-2023.

Secara nasional penggantian/duplikasi jembatan CH sebanyak 37 jembatan dengan nilai investasi Rp5,3 triliun.

Tiga puluh tujuh jembatan telah selesai seluruhnya, yakni di Provinsi Banten sebanyak 3 jembatan, Jawa Barat sebanyak 16 jembatan, Jawa Tengah sebanyak 9 jembatan, dan Jawa Timur 9 jembatan.

Untuk 9 jembatan CH di Provinsi Jawa Tengah telah selesai diganti seluruhnya dengan nilai konstruksi Rp543,7 miliar dan nilai investasi Rp1,31 triliun.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.