Note

Outlook untuk EUR/USD pada 3 Januari. Euro diperkirakan akan runtuh

· Views 34

Analisis EUR/USD 5M

Outlook untuk EUR/USD pada 3 Januari. Euro diperkirakan akan runtuh

EUR/USD turun sekitar 100 pip secara tiba-tiba. Meskipun penurunan ini tampak tidak terduga, kami telah berulang kali menyebutkan bahwa euro berada dalam kondisi overbought (jenuh beli) secara signifikan dan harganya sangat mahal dalam dolar. Oleh karena itu, penurunan telah terjadi setidaknya selama beberapa minggu.

Pasar tidak membuang waktu dan mulai berjualan pada hari pertama tahun baru. Hal ini tidak berarti bahwa harga akan terus turun, meskipun dari sudut pandang kami, ini akan menjadi hasil yang paling logis. Pasangan ini menembus kanal naik, menandakan akhir dari tren naik. Paling tidak, pasangan ini harus mengalami koreksi bearish yang signifikan. Saat ini, harga belum mencapai garis Senkou Span B, namun jika menembus garis tersebut, kemungkinan penurunan euro akan meningkat secara signifikan.

Kami masih yakin bahwa cukup realistis jika harga turun ke level $1.02. Penting untuk diingat bahwa pergerakan naik baru-baru ini hanyalah sebuah koreksi. Ketika koreksi berakhir, tren kembali berlanjut. Jangka waktu 24 jam menunjukkan tren turun. Oleh karena itu, kami memperkirakan pasangan ini akan terus bergerak turun.

Dalam hal data makro pada hari Selasa, kami hanya dapat menyoroti data PMI Manufaktur Jerman dan UE. Karena ini merupakan perkiraan kedua untuk bulan Desember, maka tidak perlu diperkirakan adanya reaksi signifikan terhadap laporan-laporan ini. Dapat dikatakan bahwa laporan ini tidak memicu penurunan 100 pip.

Mengenai sinyal trading , hanya ada satu sinyal yang dihasilkan di sekitar level 1,1006 kemarin. Selanjutnya, harga terus turun dan hampir mencapai level 1,0935. Bagaimanapun, aksi ambil untung untuk short position seharusnya terjadi di sekitar level ini. Keuntungannya setidaknya 40-45 pips, yang cukup lumayan.

Laporan COT:

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Outlook untuk EUR/USD pada 3 Januari. Euro diperkirakan akan runtuh

Laporan COT terbaru tertanggal 26 Desember. Pada paruh pertama tahun 2023, net position trader komersial hampir tidak meningkat, namun euro tetap relatif tinggi selama periode tersebut. Kemudian, euro dan net position keduanya turun selama beberapa bulan, seperti yang kami perkirakan. Namun, dalam beberapa minggu terakhir, euro dan net position-nya meningkat. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pasangan ini terkoreksi lebih tinggi, namun koreksi tersebut tidak dapat bertahan selamanya karena hanya koreksi belaka.

Kita telah mencatat sebelumnya bahwa garis merah dan hijau telah bergerak menjauh satu sama lain secara signifikan, yang sering kali mendahului berakhirnya sebuah tren. Saat ini, garis-garis ini kembali menjauh. Oleh karena itu, kami mendukung skenario dimana euro harus turun dan tren kenaikan harus diakhiri. Selama minggu pelaporan terakhir, jumlah long position pada kelompok non-komersial meningkat sebesar 3.100, sedangkan jumlah short position meningkat sebesar 300. Akibatnya, net position meningkat sebesar 2.800. Jumlah kontrak beli ini masih lebih tinggi dibandingkan jumlah kontrak jual pada trader nonkomersial sebanyak 118.000. Kesenjangannya signifikan, dan bahkan tanpa laporan COT, jelas bahwa euro akan terus melemah.

Analisis EUR/USD 1H

Outlook untuk EUR/USD pada 3 Januari. Euro diperkirakan akan runtuh

Pada grafik 1 jam, EUR/USD telah menetap di bawah garis dan kanal Kijun-sen, yang menunjukkan kemungkinan tren turun baru. Target pertama tampaknya adalah jalur Senkou Span B. Dari sudut pandang kami, dolar AS telah mengalami oversold selama sebulan terakhir, dan langkah logis berikutnya adalah pergerakannya ke atas (misalnya, ke bawah untuk pasangan EUR/USD).

Hari ini, kami menganggap masuk akal untuk mencari rebound bullish kecil. Pasangan ini tidak mungkin mengalami penurunan tajam selama dua hari berturut-turut. Namun, kami ingin mengingatkan Anda bahwa sejumlah besar data penting AS akan dirilis minggu ini, yang dapat mendukung atau memberikan tekanan pada dolar. Jika terjadi rebound dari level 1,1006 atau konsolidasi di bawah 1,0935, Anda dapat mempertimbangkan short position dengan target di garis Senkou Span B, level seperti 1,0889, dan 1,0818.

Pada tanggal 3 Januari, kami menyoroti level trading berikut: 1.0658-1.0669, 1.0757, 1.0818, 1.0889, 1.0935, 1.1006, 1.1092, 1.1137, 1.1185, 1.1234, 1.1274, serta garis Senkou Span B di 1.0 909 dan Kijun- sen di 1,1039. Garis indikator Ichimoku dapat bergeser sepanjang hari, jadi hal ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal trading. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss titik impas jika harga telah bergerak ke arah yang diinginkan sebesar 15 pips. Ini akan melindungi Anda dari potensi kerugian jika sinyalnya ternyata salah.

Pada hari Rabu, tidak ada data menarik yang direncanakan untuk Uni Eropa. Dari AS, kita dapat menantikan dua laporan: JOLT dan indeks ISM. Pada malam hari, risalah pertemuan terakhir Federal Reserve akan dirilis. Ketiga peristiwa ini bisa memicu reaksi pasar yang kuat.

Deskripsi grafik:

Level support dan resistance adalah garis warna merah tebal di dekat mana tren mungkin berakhir. Level ini tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B merupakan garis indikator Ichimoku, diplot ke jangka waktu 1 jam dari jangka waktu 4 jam. Garis ini memberikan sinyal trading;

Level ekstrim merupakan garis merah tipis di mana harga memantul sebelumnya. Level ini memberikan sinyal trading;

Garis warna kuning adalah garis tren, kanal tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT menunjukkan ukuran net position untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT menunjukkan ukuran net position untuk grup Non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.