Note

Kado Awal Tahun, Pejabat Kementerian BUMN Dapat Mobil Dinas Listrik

· Views 27
Kado Awal Tahun, Pejabat Kementerian BUMN Dapat Mobil Dinas Listrik
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta

Tahun 2024 menjadi tahun yang menggemberikan bagi para petinggi Kementerian BUMN. Sebab, mereka kini menggunakan kendaraan dinas mobil listrik.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kini pejabat eselon I-II memakai mobil listrik. Erick menyinggung, kementeriannya menjadi yang pertama menggunakan mobil listrik.

"Saya apresiasi tim saya di BUMN, makanya tadi pagi ada oleh-oleh untuk eselon I-II pakai mobil listrik. Ini kementerian pertama pakai mobil listrik kan?" kata Erick peresmian Media Center di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (3/1/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan, penggunaan mobil listrik bisa menghemat biaya bahan bakar sampai 60%. Kembali, penggunaan mobil listrik konteksnya penghematan.

"Tapi sebenarnya hemat BBM 60%, tetap konteksnya menghemat," katanya.

Erick mengatakan, mobil-mobil itu sudah dibagikan dan merupakan mobil baru.

"Tadi sudah dibagiin semua, semua mobilnya baru," ujar Erick Thohir.

Dalam keterangannya, Erick Thohir membeberkan, sejumlah langkah yang akan dilakukan dalam rangka mengakselerasi transisi energi. Langkah mengadopsi kendaraan listrik untuk seluruh pejabat Eselon I dan II Kementerian BUMN untuk menggunakan electric vehicle (mobil listrik) adalah yang pertama. Terobosannya adalah seluruh mobil listriknya tidak membeli, melainkan sewa.

Langkah selanjutnya, kata Erick, adopsi EV ini tidak hanya di tingkat kementerian, komitmen untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional juga digaungkan di direksi BUMN.

Langkah - langkah tersebut sejalan dengan amanat Instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Penggunaan EV secara langsung memberikan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Jika ditinjau dari pagu fasilitas SBM APBN untuk kendaraan listrik, terdapat penghematan sekitar 60%.

(acd/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.