Note

Ditopang January Effect, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat

· Views 50
Ditopang January Effect, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat
Ditopang January Effect, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat (foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Rabu (3/1/2024), berpotensi bergerak dalam kecenderungan menguat di sepanjang perdagangan. Dengan asumsi tersbeut, pergerakan indeks diperkirakan bakal cenderung berkutat pada kisaran 7.291 hingga 7.377.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto, menilai pada perdagangan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa IHSG menguat lebih jauh lagi dari 7.300. Tren ini dimungkinkan sebagai January Effect.

Baca Juga:
Ditopang January Effect, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Lima Saham Pendobrak IHSG Tembus Rekor, Mayoritas Emiten Prajogo Pangestu

"Memang benar, IHSG melanjutkan tren menguatnya yang terukur jelas secara teknikal, hal ini tidak bisa dibantah bahkan jika dengan menggunakan indikator MA5, Anda tidak mungkin bisa mengatakan IHSG akan downtrend," tulis William dalam analisisnya, Rabu (3/1/2024).

Menurut William, Candlestick yang bertahan di atas MA5 memang merupakan indikator tercepat untuk mengukur bahwa saham maupun indeks tersebut sedang strong uptrend.

Baca Juga:
Ditopang January Effect, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Ada Sinyal Overbought, IHSG Rentan Dilanda Profit Taking

Namun di balik tren ini, nilai transaksi IHSG kian menciut. Jadi bisa dibilang bahwa saat ini penguatan IHSG adalah efek bobot saham-saham tertentu saja yang menarik pergerakannya.

"Dan jika berbicara bobot maka kita akan melihat saham-saham big caps, seperti BBCA BBRI BBNI BMRI TLKM ASII termasuk saham-saham Prajogo Pangestu yang masih dalam tren menguat (BREN TPIA)," tutur William.

Baca Juga:
Ditopang January Effect, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat IHSG Berpotensi Menguat Uji Level 7.340, Lirik Saham BMRI hingga PTRO

Artinya, pilihan kini mengerucut karena penguatan IHSG terfokus pada saham-saham tertentu saja. Pelaku pasar bisa saja melakukan teknik trend following pada saham-saham yang sudah bergerak menguat saat ini, atau mulai mengoleksi yang tertinggal, namun perlu menunggu.

"Karena window dressing bulan Januari atau yang dikenal dengan nama January Effect ini mulai terjadi, namun tidak mewakili pergerakan semua saham," ungkap William.

Untuk faktor teknikal, William menjelaskan, profit taking yang diperkirakan akan terjadi kemarin, rupanya sudah selesai pada sesi satu perdagangan kemarin. Kini IHSG memiliki tantangan baru, yaitu level all time high pada 7377.

"Ini menjadi resistance berikutnya dan setelah level ini ditembus, IHSG belum ada resistance baru. Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan," papar William.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat sebesar 50,79 poin (0,7 persen) menuju 7323,58 pada perdagangan Selasa (2/1/2024). Sebanyak 320 saham menguat, 240 saham menurun, dan 212 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 6.8T (all market).

Dalam kondisi pasar yang demikian, William menilai beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal, yaitu sebagai berikut

BBCA, buy, support 9350.
Trend following dengan menggunakan MA5 dan MA20.

PTBA, buy, support 2410, resistance 2590.
Potensi penguatan dengan target 2590 (gap pada tanggal 30 Oktober 2023).

ASII, buy, support 5475, resistance 5950.
Bottoming, konfirmasi pembentukan demand zone pada area 5475 – 5600.

ADRO, buy on weakness, support 2380, resistance 2560.
Penguatan menuju penutupan gap pada 2560.

(TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.