Note

Perdagangan Saham Pertama di 2024, IHSG Cetak Rekor!

· Views 20
Perdagangan Saham Pertama di 2024, IHSG Cetak Rekor!
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil memecahkan rekor pada posisi 7.323,588 di penutupan perdagangan hari ini. Seperti diketahui perdagangan saham kembali dibuka di tahun baru 2024 per hari ini.

Rekor sebelumnya tercapai pada 13 September 2023 kala itu IGSG terparkir di level 7.318,016. Peresmian Pembukaan Perdagangan saham pertama Bursa Efek Indonesia tahun 2024 dilakukan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Main Hall BEI.

Selain itu, kapitalisasi pasar BEI juga menyentuh rekor tertinggi sepanjang sejarahnya dengan mencapai Rp 11.768 triliun dari rekor sebelumnya sebesar Rp 11.762 triliun pada 28 Desember 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Rekor-rekor ini mencerminkan optimisme para pelaku pasar dan stakeholders di pasar modal Indonesia dalam mengawali tahun 2024," kata Pj. S. Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Kautsar Primadi Nurahmad dalam keterangannya, Selasa (2/1/2023).

BEI sendiri memiliki tiga fokus utama untuk penguatan manajemen pasar modal tahun ini. Mulai pendalaman pasar, proteksi investor, hingga sinergi regional.

Fokus ini bertujuan untuk menumbuhkan sejumlah produk dan layanan yang kredibel bagi seluruh stakeholders dengan didukung pemanfaatan teknologi terkini, serta mampu melindungi kepentingan investor pasar modal.

Pada tahun 2024, BEI optimis dapat mencapai target yang lebih tinggi dibandingkan tahun 2023, seperti peningkatan likuiditas perdagangan sebesar Rp 12,25 triliun, 230 pencatatan efek baru, dan penambahan 2 juta investor baru.

Selain itu pada tahun 2024 rencananya akan diluncurkan Single Stock Futures sebagai alternatif investasi baru dan Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA) Repo untuk memberikan layanan yang lebih optimal kepada stakeholders pasar modal Indonesia.

(hal/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.