Note

Jokowi Janji Tambah Alokasi Subsidi Pupuk Tahun Ini Rp 14 T

· Views 33
Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji menambah anggaran untuk pupuk subsidi tahun ini sebesar Rp 14 triliun. Menurut Jokowi, hal ini sudah disampaikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Sehingga di 2024 ini saya sudah ngomong ke Menteri Keuangan, agar subsidi pupuk ditambahkan senilai angka hitung-hitungan kita Rp 14 triliun harus ditambah, untuk menutup kekurangan pupuk yang ada di lapangan," katanya dalam Acara Pembinaan Petani Se-Provinsi Jawa Tengah di Banyumas, disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/1/2024).

Namun Jokowi menjelaskan rencana menambah anggaran pupuk subsidi butuh persetujuan DPR RI. Persetujuan itu, katanya, belum didapatkan pemerintah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk menutup kekurangan pupuk yang ada di lapangan. Tetapi supaya ini rakyat juga tau, para petani juga tau, bahwa pengajuan seperti itu harus mendapatkan persetujuan DPR. Ini belum. Sebentar, saya kita ini dari Mentan sudah mengajukan, dari Menteri Keuangan juga akan mendorong agar segera itu bisa direalisasikan," tambahnya.

Menurut Jokowi, rencana tersebut baru akan diusahakan pada semester II-2024. Adapun untuk awal tahun, Jokowi memastikan ketersediaan pupuk mencapai 1,7 juta ton. Rinciannya 1,2 juta ton merupakan pupuk subsidi, dan yang non subsidi 500 ribu ton.

"Yang kita berusaha nanti yang semester keduanya. Artinya yang 14 triliun tadi untuk semester keduanya, yang sekarang sudah dari Pupuk Indonesia saya tanya langsung, bukan ke Pak Menteri, langsung ke Pak Direktur. Ada 1,7 juta ton pupuk. Yang bersubsidi itu 1,2 juta ton. Yang Tidak bersubsidi 500 ribu ton," ungkapnya.

Jokowi juga ingin Provinsi Jawa Tengah meningkatkan produktivitas taninya agar naik peringkat ke posisi kedua. Ia juga sudah menugaskan Kementerian Pertanian dan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk mengurusi masalah pupuk.

"Saya tidak ingin dengar itu. Tadi Pak Mentan sudah menyampaikan belinya pupuk tidak usah memakai, euh memakai kartu tani boleh, pakai KTP juga bisa, setuju?. Karena target kita di Jawa Tengah ini produksinya sudah menurun, target kita di Jawa Tengah ini kembali ke rangking kedua lagi. Setuju nggak? Yang tidak setuju angkat tangan, maju," pungkasnya.

(ily/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.