Note

EUR/USD memulai bulan Januari yang penuh peristiwa

· Views 41

Federal Reserve dengan cepat beralih dari kebijakan "lebih tinggi dan lebih lama", yang berarti mempertahankan suku bunga dana federal pada tingkat tinggi untuk jangka waktu yang lama. Namun, pada bulan Desember, The Fed memutuskan sudah waktunya untuk mempertimbangkan ekspansi moneter. Saat ini, pertanyaan utama bagi EUR/USD dan seluruh pasar keuangan adalah berapa lama biaya pinjaman akan tetap tinggi. Jawabannya dapat ditemukan dalam statistik makroekonomi yang melimpah.

Faktanya, ekspansi moneter tidak serta merta berarti menstimulasi perekonomian. Jika tingkat suku bunga tinggi, penurunannya masih akan menghambat pertumbuhan PDB. Itu sebabnya The Fed memilih "poros dovish." Pelonggaran kebijakan moneter harus dilihat lebih sebagai tindakan rem daripada sekedar menginjak gas.

Dinamika Suku Bunga Fed dan Ekspektasi Pasar

EUR/USD memulai bulan Januari yang penuh peristiwa

Bank sentral biasanya bertindak serempak. Mereka mengikuti pemimpin mereka – Federal Reserve. Namun, saat ini regulator tidak terburu-buru membicarakan penurunan biaya pinjaman. Dan itu bisa dimengerti. Meskipun terjadi perlambatan inflasi di zona euro menjadi 2,4% pada bulan November, para ahli Bloomberg memperkirakan inflasi akan meningkat menjadi 3% pada bulan Desember. Jika harga konsumen mulai menunjukkan puncak baru, ECB akan mempertahankan suku bunga deposito sebesar 4% lebih lama dari perkiraan pasar. Derivatif diperkirakan akan mengalami penurunan pertamanya pada bulan Maret atau April.

Lambatnya langkah ECB dapat menginspirasi "peningkatan" EUR/USD untuk serangan baru. Namun, pasangan ini jelas memerlukan jeda karena selera risiko global tinggi. Pasar mulai menyadari bahwa mereka mungkin telah mengambil langkah lebih dulu. Oleh karena itu, risiko koreksi S&P 500 dan euro pada bulan Januari cukup signifikan.

Dinamika Inflasi Eropa

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD memulai bulan Januari yang penuh peristiwa

Dengan demikian, penurunan indeks saham AS dapat menyebabkan mundurnya mata uang regional. Namun, ekspektasi kenaikan inflasi Eropa dari 2,4% menjadi 3% YoY akan mendukung pembelian EUR/USD. Ditambah dengan adanya peristiwa-peristiwa penting dalam kalender ekonomi, seperti publikasi risalah pertemuan FOMC bulan Desember dan rilis data ketenagakerjaan non-pertanian di AS, minggu pertama bulan Januari diperkirakan akan penuh peristiwa. EUR/USD memulai bulan Januari yang penuh peristiwa

Investor akan sangat memperhatikan laporan pasar tenaga kerja Amerika pada bulan Desember. Pakar Bloomberg memperkirakan penurunan lapangan kerja dari 199.000 menjadi 163.000. Diperkirakan indikator ini akan terus menurun, sejalan dengan rencana The Fed. Bank sentral bertujuan untuk membawa perekonomian AS ke kondisi soft landing—menurunkan inflasi ke target 2% tanpa memicu resesi. Namun, jika lapangan kerja meningkat secara tak terduga, hal ini dapat mengindikasikan lonjakan dan percepatan inflasi, yang merupakan kabar baik bagi "bears" (penurunan) pada pasangan mata uang utama.

Secara teknis, pada grafik harian, EUR/USD melanjutkan kemundurannya menuju tren naik. Namun demikian, ketidakmampuan penjual untuk menyerbu support di dekat batas atas kisaran nilai wajar 1.074–1.1 atau level pivot 1.0965 akan menjadi tanda kelemahannya dan alasan untuk beralih dari short position yang sebelumnya terbentuk ke long position.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.