Note

EUR/USD. Pekan pertama Januari: Notula Fed, inflasi Zona Euro, dan Non-Pertanian

· Views 38

Platform trading global utama ditutup pada tanggal 1 Januari karena perayaan Tahun Baru. Oleh karena itu, kita dapat mengharapkan pekan trading yang lebih singkat, tetapi tetap menarik.

Selasa

"Hari pertama dimulai pada hari Selasa." Biasanya, hari kerja pertama dalam sepekan tidak ada berita atau laporan penting, yang berarti hari Selasa juga tidak terkecuali. Selama sesi Eropa, kita akan menerima penilaian akhir dari data PMI bulan Desember. Menurut sebagian besar ahli, penilaian akhir diperkirakan akan sesuai dengan penilaian awal. Secara khusus, PMI Manufaktur Jerman diperkirakan akan tetap berada di 43,1 poin. Di satu sisi, indikator ini tetap berada di bawah 50 poin, mengindikasikan kontraksi. Di sisi lain, indeks ini telah menunjukkan tren kenaikan selama lima bulan berturut-turut (setelah anjlok ke 38 poin pada bulan Juli). Jika data tidak direvisi ke arah penurunan atau peningkatan, pasar kemungkinan akan mengabaikan rilis ini. Hal yang sama berlaku untuk PMI Manufaktur AS, yang akan dirilis selama sesi AS. Selain itu, penilaian akhir harus sesuai dengan penilaian awal (48,2).

Rabu

Data pasar tenaga kerja utama untuk Jerman akan dirilis. Menurut perkiraan, pengangguran pada bulan Desember akan tetap pada level bulan November, yaitu 5,9%. Ini adalah angka yang relatif tinggi - terakhir kali (sebelum November 2023) pengangguran berada pada level ini adalah pada Juni 2021.

Namun, pasar tenaga kerja Jerman jarang berdampak signifikan pada pasangan EUR/USD. Di sisi lain, Indeks Manufaktur ISM, yang akan dirilis selama sesi AS, dapat memicu peningkatan volatilitas. Indikator krusial ini telah menunjukkan tren naik dari Juli hingga September (inklusif), mencapai 49 poin. Indikator ini turun tajam menjadi 46,7 pada bulan Oktober dan tetap pada level yang sama pada bulan November. Menurut sebagian besar perkiraan, indikator ini akan sedikit naik menjadi 47,2 pada bulan Desember. Fakta ini kemungkinan tidak akan membuat para trader EUR/USD terkesan. Namun, jika indikator ini jatuh ke zona "merah" (lebih tepatnya, jika jatuh di bawah 46,7), dalam hal ini, pelaku pasar dapat bereaksi kuat terhadap data karena ekspektasi dovish terkait tindakan Federal Reserve di masa depan dapat kembali meningkat.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD. Pekan pertama Januari: Notula Fed, inflasi Zona Euro, dan Non-Pertanian

Notula rapat Federal Reserve bulan Desember juga akan dirilis pada hari Rabu. Perlu diperhatikan bahwa pertemuan Desember adalah pertemuan paling dovish pada tahun 2023. Alih-alih sikap "moderat hawkish" yang diharapkan secara luas, bank sentral menyatakan komentar yang sangat akomodatif, menyatakan kesiapannya untuk menurunkan suku bunga pada tahun 2024 (menurut dot plot yang diperbarui -- sebesar 75 basis poin sepanjang tahun). Jerome Powell, Ketua Fed, menyebutkan bahwa selama pertemuan ini, anggota Komite membahas waktu penurunan suku bunga. Dalam konteks ini, ia mencatat bahwa ekspektasi umum adalah bahwa penurunan suku bunga akan menjadi topik utama untuk diskusi lebih lanjut. Mengingat retorika pernyataan yang menyertainya dan Powell sendiri, kita dapat berasumsi bahwa Notula Fed akan memberikan tekanan tambahan pada greenback.

Kamis

Laporan ekonomi utama pada hari Kamis adalah data inflasi Jerman. Menurut sebagian besar ahli, Indeks Harga Konsumen (CPI) meningkat menjadi 3,7% setiap tahun pada bulan Desember, menyusul penurunan menjadi 3,2% pada bulan November. CPI yang diselaraskan juga diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan, naik ke 3,8% tahun ke tahun (setelah turun ke 2,8%). Jika angka-angka ini setidaknya sesuai dengan ekspektasi, bulls akan memiliki alasan lain untuk mendorong pasangan mata uang ini naik karena data Jerman sering (hampir selalu) berkorelasi dengan data Eropa secara keseluruhan.

Jumat

Zona Euro akan merilis data inflasi pada hari Jumat. Hal ini harus dilihat berdasarkan pernyataan sebelumnya yang dibuat oleh perwakilan Bank Sentral Eropa. Sebagai pengingat, selama dua pekan terakhir pada bulan Desember, beberapa anggota ECB menyatakan bahwa bank sentral akan mempertahankan suku bunga pada level saat ini untuk sementara waktu, setidaknya selama paruh pertama 2024. Tema umum dari pernyataan-pernyataan ini adalah bahwa masih terlalu dini bagi zona euro untuk merayakan kemenangan atas inflasi. Jika angka-angka bulan Desember menunjukkan percepatan pertumbuhan, ini akan memberikan dukungan kepada euro. Menurut perkiraan awal, CPI akan naik menjadi 3,0% pada bulan Desember setelah turun menjadi 2,4% pada bulan November. Indeks akan menunjukkan tren kenaikan untuk pertama kalinya setelah tujuh bulan berturut-turut mengalami penurunan. Indeks inti diperkirakan akan turun menjadi 3,4%. Jika secara tak terduga melonjak (setelah empat bulan menurun), ini akan menempatkan bulls dalam posisi yang menguntungkan.

Data pasar tenaga kerja utama akan dipublikasikan selama sesi AS. Perkiraan awal bukan pertanda baik untuk dolar. Misalnya, tingkat pengangguran diperkirakan akan naik menjadi 3,9% dan jumlah orang yang dipekerjakan diproyeksikan meningkat hanya 160.000. Indikator ini juga dapat mengecewakan para pendukung dolar: diperkirakan pendapatan rata-rata per jam akan turun menjadi 3,9% secara tahunan (tingkat pertumbuhan terlemah sejak Juni 2021).

Kesimpulan

Pasangan EUR/USD masih memiliki potensi untuk naik. Notula Fed yang lunak, percepatan inflasi di Jerman dan zona euro, serta lemahnya data Non-Farm, akan mendukung tren naik pasangan mata uang ini, dengan asumsi bahwa semua peristiwa sesuai dengan ekspektasi sebagian besar ahli. Dalam hal ini, pembeli dapat mengharapkan pasangan mata uang ini untuk kembali ke level 1,1130, yang sesuai dengan garis Bollinger Bands atas pada grafik harian. Target utama tren naik berada di level 1,1250 (garis Bollinger Bands atas pada kerangka waktu bulanan), tetapi masih terlalu dini untuk membicarakan level harga tersebut saat ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.