Note

Regulator Akan Pertahankan Tutup Tampilan Kode Broker

· Views 29

Pasardana.id -  Regulator pasar modal mengisyaratkan akan mempertahankan kebijakan penutupan kode broker atau anggota bursa (AB) dan domisili investor pada tampilan wahana perdagangan daring efek selama jam perdagangan.

Hal itu disampaikan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon Otoritas Jasa keuangan, Inarno Djajadi di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (2/1/2024).

“Itu rumor dari mana itu buka kode broker? enggak lah,” ujar Inarno.

Ia mengingatkan, hanya BEI yang pernah memberikan informasi  kode broker dan domisili pada tampilan wahana perdagangan daring efek.

“Kenapa kita menghapuskan kode broker agar jangan sampai ada follower atau yang salah ngikutin hanya dari sekuritas ini, atau apa asing segala macam itu makanya kita tutup,” jelas dia.

Ia melanjutkan, pembukaan kode broker dan domisili telah menjadi pelajaran bagi perkembangan pasar modal.

“Apa iya kita mau balik lagi, kan nggak juga,” ujar dia.

Ia percaya dengan mempertahankan kebijakan penutupan kode broker dan domisili investor tidak serta merta menjadi faktor penekan nilai transaksi harian bursa.

“Tentunya yang lain-lain misalnya edukasi literasi untuk pasar modal harus selalu ditingkatkan jadi orang itu tahu fundamental emiten dan bagaimana tidak hanya ikut-ikutan ya,” terang dia.

Sementara itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, Irvan Susandy menenggarai hasil survey pelaksanaan penutupan kode broker dan domisili akan terbagi menjadi dua pandangan.

“Investor ritel pasti ingin kode broker dibuka, tapi asing minta ditutup. Tapi praktek umum di bursa utama dunia kode broker ditutup,” ungkap dia.

Lebih jauh dia bilang, bursa besar kemungkinan tidak akan membuka data kode broker dan domisili pada wahana perdagangan saham.

“Paling mungkin kita akan memberi data tambahan. Misalnya pada sesi 1 kita akan berikan data seperti sesi akhir. Bukan berarti buka seperti dulu lagi,” tegas dia.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.