Note

Kabar Baru, BEI Siap Buka Kode Broker, Tapi Tidak Real Time

· Views 32
Kabar Baru, BEI Siap Buka Kode Broker, Tapi Tidak Real Time
Kabar Baru, BEI Siap Buka Kode Broker, Tapi Tidak Real Time (foto: MNC media)

IDXChannel - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mengkaji wacana pembukaan kode broker (anggota bursa/AB) dalam mekanisme transaksi perdagangan saham.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa rencana ini akan dilakukan, namun tidak secara real time, melainkan baru akan dibuka setelah seluruh sesi berlangsung.

Baca Juga:
Kabar Baru, BEI Siap Buka Kode Broker, Tapi Tidak Real Time Ramai Kode Broker Akan Dibuka, Ini 10 Broker Pencetak Nilai Transaksi Terbesar Sepekan

Hal ini berbeda dengan kebijakan sebelumnya, di mana tampilan kode broker dapat terlihat lebih cepat setelah sesi pertama selesai.

"Kita akan tetap buka. Yang kita lakukan tidak real time, yaitu dari sesi pertama sampai sesi kedua, kita keluarkan di ujung (waktu perdagangan)," ujar Direktur Utama BEI, Iman Rachman, Selasa (2/1/2023).

Baca Juga:
Kabar Baru, BEI Siap Buka Kode Broker, Tapi Tidak Real Time Jika Kode Broker Dibuka Kembali, Ini Kekhawatiran OJK

Saat ini, menurut Iman, pihaknya masih sedang menunggu hasil survei kepada anggota bursa perihal rencana tersebut.

Sedangkan, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy, menambahkan bahwa dalam perdagangan di bursa-bursa regional, kode broker secara umum juga tidak diperlihatkan.

Baca Juga:
Kabar Baru, BEI Siap Buka Kode Broker, Tapi Tidak Real Time BEI Sedang Kaji Pembukaan Kembali Kode Broker selama Jam Perdagangan

Meski demikian, Irvan mengaku dapat memahami terkait usulan sejumlah kalangan investor yang meminta data tersebut dapat dibuka, sedangkan sebagian kalangan lain justru menolak usulan tersebut.

"(Investor) Ritel akan berharap bahwa (data kode broker) itu dibuka. Sedangkan (investor) asing pasti berharap (informasi) itu tetap ditutup. Tapi kan secara common practice-nya itu ditutup," ujar Irvan, dalam kesempatan terpisah.

Sementara, Praktisi pasar modal sekaligus Founder EMTrade, Ellen May, menilai bahwa wacana pembukaan kode broker dapat mendorong nilai transaksi, khususnya rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) bursa.

"(Rencana pembukaan kode broker itu) Bagus. Ini bisa nambah value transaksi banget," ujar Ellen, kepada IDX Channel, Kamis (16/11/2023).

Ellen, yang merupakan penulis buku Smart Traders Not Gamblers ini, mengimbau investor untuk tidak melupakan disiplin analisa sebagai hal yang utama. 

"Selalu menggunakan analisa fundamental dan teknikal," pungkas Ellen. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.